Daerah

Peningkatan UMKM, Bupati Pelalawan Serahkan Sertifikat Gratis Kepada 200 Pelaku UMKM

GAGASANRIAU.COM, PELALAWAN - Pemberdayaan Usaha  Mikro  Kecil  Menengah (UMKM) merupakan langkah  strategis dalam menumbuhkan tingkat pembangunan Nasional, kebijakan tersebut dirasakan menjadi  solusi  kongkrit untuk  meningkatkan kesejahateraan rakyat. Hal ini dapat dicapai  dengan mendorong  UMKM meningkatkan kapasitas dan perannya secara kontiniyu dan berkelanjutan. 
 
Sebagai langkah keseriusan pemerintah dalam rangka meningkatkan  usaha bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Bupati  Kabupaten Pelalawan H.M Harris menyerahkan secara simbolis sertifikat gratis dari Badan Pertanahan Nasional kepada 200 pelaku UMKM  yang berada di Kecamatan Pangkalan kerinci. 
 
Penyerahan 200 sertifikat tersebut oleh Bupati Pelalawan H.M.Harris bertempat di Gedung PLUT-UMKM Komplek Bhakti Praja Pangkalan Kerinci. Senin (15/07).
 
 
Bupati Harris usai menyerahkan sertifikat dalam sambutannya mengatakan kebijakan ini diharapkan dapat mensukseskan gerakan pemerintah untuk  menumbuhkan perkonomian Nasional (Pro Growth), memberikan kontrubusi terhadap peningkatan wirausahawan dan tenaga kerja serta menekan angka pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat untuk menuju tarap hidup  yang layak .
 
"hal ini juga bertujuan memberi solusi bagi pelaku usaha UMKM guna meningkatkan akses permodalan berupa peningkatan kemampuan jaminan kredit sebagai anggunan pinjaman KUR pada bank pelaksana sehingga UMKM dapat meningkatkan usahanya, terhindar dari rentinir dan menyerap tenaga kerja yang akan berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi  masyarakat. "Ungkap Bupati.
 
 
"Saya mengharapkan agar program ini dapat terus ditingkatkan, bekerjasama dengan BPN dan dapat lebih diperbanyak lagi" kata Bupati.
 
Selain itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Pelalawan H.M Harris juga mengucapkan selamat kepada pelaku UMKM yang sudah mendapat sertifikat Hak Atas Tanah (SHT) dari pemerintah mudah-mudahan akan memberikan manfaat bagi pelaku ekonomi menengah kecil dan menjalankan  usahanya. Dan dapat membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. 
 
Pada kesempatan itu juga Bupati Pelalawan dua periode ini langsung menginstruksikan melalui OPD terkait yakni Kadis DisperindagKop UMKM Fakhrizal yang juga turut hadir mendampingi kegiatan bupati untuk intens meningkatkan dan mengembangkan pembinaan terhadap para pelaku UMKM. Sehingga para pelaku UMKM dapat meningkatkan keahliannya. 
 
Sementara itu ditempat terpisah usai pemberian sertifikat Kadis DisperindagKop UMKM Fakhrizal saat diwawancarai wartawan  mengatakan sertifikat yang dijadikan agunan di Bank, kepada para pelaku UMKM agar meningkatkan dan mengembangkan kualitas usahanya sehingga memiliki daya saing yang tinggi, untuk mengurus izin usaha mikro kecil (IUMK) nya.
 
 
Fakhrizal juga menambahkan akan terus melakukan pembinaan dan pengembangan secara kontiniyu dengan mengadakan pelatihan, bimtek-bimtek teknis dengan mendatangkan para narasumber teknis yang dilaksanakan di gedung PLUT KUKM ini. "Gedung PLUT KUKM ini kita fungsikan sebagai pusat pelatihan, pengembangan dan inovasi produk UMKM ke depan" kata dia.
 
Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Administrasi Pembangunan Atmonadi, Staff Ahli Bupati Tengku Amri Fuad, Kepala BPN Pelalawan Sutrilwan,Kepala BKP2D Edi Suriandi, Kadis DisperindagKop UMKM Fakhrizal, Kepala BPKAD Devitson, Plt.Ka DPMPTSP Budi Surlani, Camat Pangkalan Kerinci Dodi Asma Saputra dan Pimpinan Bank BRI.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar