Daerah

Dari 11 Pembangkit Listrik, PLN WRKR Belum Bisa Penuhi Kebutuhan Listrik Masyarakat Riau

[caption id="attachment_4860" align="alignleft" width="300"]Ilustrasi PLN Ilustrasi PLN[/caption]

gagasanriau.com ,Pekanbaru- Senin (7/10/13) gagasanriau.com bersama jurnalis lain dari berbagai media cetak dan online lainnya mendapatkan kesempatan mengikuti rombongan Humas PLN WRKR untuk mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Gas (PLTD/G) di Teluk Lembu yang terletak dijalan Tanjung Datuk dekat Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru. Hal ini dilakukan sebagai reaksi atas tuntutan demostrans siang tadi.

Dalam kunjungan tersebut Sarno, Humas PLN WRKR menjelaskan sampai sejauh ini sudah ada sedikitnya 11 Pembangkit Listrik guna memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Riau.

Namun menurutnya ketersedian 11  Pembangkit Listrik tersebut masih belum bisa memenuhi kebutuhan pasokan listrik masyarakat Riau. Adapun 11  pembangkit Listrik milik PLN Wilayah Riau dan Kepri (WRKR) yang sudah terpasang Dengan Satuan Mega Watt (MW) : 1. PLTA Kota Panjang. Dengan Daya 3x38 MW. Sampai Saat ini masih  terjadi pengurangan daya atau derating di sebabkan  masalah   kekurangan debit air 2. PLTG Teluk Lembu . Dengan daya 3x16MW. 3. PLTD Teluk Lembu. Dengan daya  5MW. 4. PLTMG. Dengan daya 13 MW. 5. PLTMG Haleyora blok-1. Dengan daya 16 MW. 6. Riau Power Combine CXCLE. Dengan daya 18+8 MW. 7. PLTD Sewatama. Dengan daya 15 MW. 8. PLTD BGP. Dengan daya 40 MW. 9. PLTD Dumai. Dengan daya 40 Mw. 10. PLTG Balai Pungut. Dengan daya 2x16 MW. 11. PLTMG Balai Pungut 1 dan 2. Dengan daya 2x16 MW.

Namun anehnya dari ke 11 Pembangkit Liatrik tersebut baru bisa menghasilkan daya Listrik sebesar 381 MW dan itu masih kurang untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat Riau. "Sampai saa ini kita masih mengalami krisis Listrik, 11 MW, Pembangkit Listrik yang terpasang baru bisa menghasilkan 381 MW sedangkan kebutuhan listrik untuk riau  mencapai 452 MW, tentu kita harus melakukan pemadaman secara bergiliran, supaya pemakaian daya kita bisa tetap stabil dan tidak kehabisan energi." Ungkap Sarno Humas PLN WRKR.

Guna memenuhi energi tersebut saat ini PLN WRKR telah menyiapkan 5 unit pembangkit Listrik yang katanya bulan Januari tahun depan bisa mengatasi krisis Listrik yang terjadi saat ini.

Kelima Pembangkit listrik tersebut yaitu: 1. PLTMG Haleyora blok-2. Dengan daya 16 MW (selesai pada akhir oktober). 2. PLTMG Balai Pungut 3 dan 4. Dengan daya 2x16 MW (juga selesai hingga akhir oktober). 3. PLTMG Teluk Lembu 50 MW ( selesai pada januari 2014). 4. PLTMG Balai Pungut 5,6,7. Dengan daya  3x16 MW (selesai pada desember 2013). 5. PLTMG Navigat Balai Pungut. Dengan daya 20 MW (selesai desember 2013). dari kelima pembangkit Listrik tersebut akan di hasilkan tegangan Listrik sebanyak 166 MW. "Saat ini pihak kami sebisa mungkin berusaha agar krisis ini cepat teratasi, kalian kan sudah bisa lihat sendiri sekarang, berapa banyak pembangkit yang sedang kami siapkan, ini upaya kami, agar tidak ada lagi masyarakat mengeluh rumahnya gelap atau apalah" kilah Sarno sembari mengakhiri Wawancara sore itu.

Dian Rosari


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar