Daerah

Tes Hari Kedua CPNS Pekanbaru Waktu Minim Namun Materi Tes Standar

[caption id="attachment_4583" align="alignleft" width="300"]Ilustrasi tes CPNS kemenkumham Ilustrasi tes CPNS[/caption]

gagasanriau.com Pekanbaru-Ujian tes  CPNS yang diadakan dikantor Badan  Kepegawaiaan Negara (BKN) Regional Kulim untuk kota Pekanbaru yang dimulai,Senin (21/10/13) kemarin. Sampai pada hari kedua ini, Selasa (22/10/13) peserta ujian keluhkan singkatnya waktu yang disediakan untuk menjawab soal ujian dengan menggunakan  sistem Computer Assisted Test (CAT) terlalu sedikit yaitu 90 menit dengan jumlah soal 100.

Rita warga Pekanbaru ikuti tes CPNS yang sudah kali kedua mengikuti tes dan mengambil pada bidang guru untuk walikelas  mengaku kesulitan mengerjakan soal, karena keterbatasan waktu yang disediakan hanya 90 Menit. "Untuk memahami satu soal ini saya butuh waktu 2 menit, sementara soal 100, tentu otomatis waktu yang disediakan ini tidaklah cukup, "keluh  Rita kepada gagasanriau.com sebelum mengikuti tes yang belum dimulai.

Namun Rita menambahkan ,  tingkat kesulitan soal pada ujian tahun ini standar dan tidak begitu rumit, serta dengan menggunakan tes sistem CAT ini juga sangat memudahkan dan simpel tidak seperti tes CPNS yang dilakukan secara manual, hanya saja yang menjadi keluhan lulus FKIP UIR ini ialah waktu yang sangat minim. "Dari Awal ujian kemarin, dimulai dengan simulasi teknis cara ujian CAT ini. Namun setelah beberapa waktu kemudian  kami langsung mulai ujian, namun awal kita ujian membuka kompter kita harus log in dahulu dengan memasukkan, nomor Registrasi dan NIK KTP,  supaya komputer tempat kita ujian itu terbuka,"ungkapnya dan hal ini menurutnya memakan waktu.

Materi soal ujian tahun ini, sama seperti ujian CPNS tahun dahulu yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TLU), Tes Kepribadian (TKP).

Hal senada jelaskan Dewi jurusan PGSD dari UNRI mengungkapkan waktu yang disediakan ujian CPNS sedikit. Namun meskipun demikian ujian yang berlangsung dalam satu kelas terdiri dari  45 orang tersebut berjalan cukup lancar.

"Kita juga sangat deg-deg an, waktu mau ujian, sebab baru kali ini, mengikuti ujian CAT ini, dan biasanya secara manual, "katanya.

Dian Rosari


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar