Daerah

Pemko Mengaku Raskin Sudah Tersalur Hampir 90 Persen

[caption id="attachment_5765" align="alignleft" width="300"]Seorang Anak Sedang Mengangkat Karung Beras Miskin Seorang Anak Sedang Mengangkat Karung Beras Miskin[/caption]

gagasanriau.com ,Pekanbaru-Penyaluran Beras Miskin (raskin) akhir Oktober tahun ini menurut Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah mencapai 90 persen. Sedangkan sisanya adalah Raskin yang belum diambil oleh masyarakat di Kelurahan.

"Sampai saat ini masih ada beberapa kelurahan yang belum menyalurkan Raskin, karena masih ada tunggakan pembayaran untuk Bulog. Kelurahan Pulau Karam, Kota Baru di Kecamatan Pekanbaru Kota, sementara untuk Kelurahan Sail sudah membayar bertahap," kata Kasubag Perekonomian Sekretariat Pemerintah Kota Pekanbaru, Edi Nofiar kepada gagasanriau.com, Senin (4/11/13).

Setelah di konfirmasi kepada pihak Kelurahan, kata Edi,  ada sebagian Raskin yang belum diambil oleh masyarakat, jadi masih ada yang menumpuk di Kelurahan. Sehingga pihak kelurahan belum menyetorkan ke Bulog, karena prosesnya dibayar dulu penyaluran sebelumnya, kemudian baru disalurkan lagi untuk yang bulan depan.

Sebagai solusi, pihaknya juga telah membuat surat himbauan kepada masyarakat agar segera mengambil Raskin yang belum diambil, dan kepada Lurah yang belum membayar hendak segera melunasi ke Bulog.

Kemudian, disampaikan Edi, bahwa SPA raskin sampai akhir Desember, pihaknya sudah diserahkan kepada pihak Bulog. Ia juga berharap untuk November dan Desember penyaluran raskin dapat terlaksana. "Karena pihak Bulog juga meminta seperti itu, sehingga akhir Desember tinggal penyelesaian administrasi lagi,"ujarnya.

November ini akan disalurkan kembali,  sementara untuk penyaluran raskin di Pekanbaru, dijelaskan Edi, penerimaandari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu ada 22.741 Rumah Tangga Miskin (RTS) sedangkan Raskin daerah berdasarkan data yang tertampung ada 19.358 RTS.

"Jumlah pembagian untuk per kepala rumah tangga dijatahi 15 kilogram per RTS. Kemudian raskin itu 10 kilogram per RTS untuk dua bulan ini. November dan Desember," tutupnya.

Dian Rosari


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar