Daerah

Riau Terpilih Tuan Rumah Pertemuan Imam Se-Dunia

[caption id="attachment_5944" align="alignleft" width="275"]Masjid Agung Annur Pekanbaru Masjid Agung Annur Pekanbaru[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Provinsi Riau terpilih menjadi tuan rumah pertemuan imam-imam Se-Dunia. Direncanakan, perhelatan ini akan digelar pada tanggal 2-6 Desember 2013 mendatang. Sekretaris Daerah Provinsi Riau H Zaini Ismail kepada gagasanriau.com, Jumat (8/11) membenarkan telah ditetapkannya pertemuan imam se-dunia tersebut.

"Dari hasil rapat kita tadi memang ditetapkan tanggal 2 hingga 6 Desember. Pelaksanaan pertemuan imam se-dunia ini dapat dijadikan sebagai momen sejarah bagi masyarakat Riau. Apalagi, kegiatan ini pertama kalinya digelar di Provinsi Riau," sebutnya di kantor Gubernur.

Sementara Ketua ICMI Organisasi Wilayah (Orwil) Riau H Tengku Dahril mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung di Hotel Arya Duta. Selain itu, kegiatan pertemuan imam ini juga dipusatkan di Masjid Agung An-Nur.

Beberapa agenda telah disiapkan antara lain, diskusi tentang peranan imam sebagai tonggak kebangkitan peradaban Islam. Apalagi imam ini memiliki fungsi strategis, dengan membentuk majelis imam se-dunia.

"Kita mengharapkan dengan kegiatan ini, banyak pusat-pusat peradaban Islam. Selama ini yang kita kenal itu, hanya Mekkah dan Madinah. Kita juga berharap Riau bisa menjadi salah satunya dan dapat pengakuan dari dunia internasional," tuturnya.

Direncanakan, ratusan imam yang berasal dari lima benua di dunia akan hadir. Antara lain, perwakilan dari Benua Amerika, Australia, Asia, Afrika dan Eropa, akan hadir dalam pertemuan ini.

Eka Saputra


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar