Daerah

Tiga Lembaga Survey akan Melakukan Quick Count Pada Pilgubri Putaran Kedua

[caption id="attachment_2915" align="alignleft" width="300"]Tengku Edy Sabli Ketua KPUD Riau Tengku Edy Sabli Ketua KPUD Riau[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Tiga lembaga survey telah menyatakan akan melakukan Quick Count atau penghitungan cepat pada saat Pemilihan Gubernur Riau Putara Kedua nanti. Untuk itu ketiga lembaga survey ini sudah minta ini ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau.

Ketua KPU Riau, Tengku Edy Sabli dalam keterangannya Rabu (13/11) di Pekanbaru membenarkan adanya ketiga lembaga survey minta izin ke pihaknya untuk melakukan quick count tersebut. "Pada dasarnya kita mendukung mereka untuk melakukan quick count," ujarnya.

Hanya saja, menurut Edy Sabli bukan berarti hasil dari pernghitungan cepat yang dilakukan oleh lembaga-lembaga survey itu bisa dijadikan acuan untuk Pilgubri Putaran Kedua nanti. "Yang menjadi acuan adalah hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU," jelasnya.

Karena itu, dia menyebutkan KPU tidak akan bertanggungjawab atas hasil penghitungan cepat yang dilakukan lembaga survey tersebut. Lembaga itulah yang bertanggungjawab sepenuhnya dengan hasil penghitungan yang dilakukan

Menurut dia, disini KPU hanya memberi dukung dan akan membantu. Dalam hal ini memberikan bantuan berupa data jumlah TPS dan DPT. "Kita hanya membantu memberikan data yang mereka butuhkan, jadi bukan bekerjasama dengan kita," tegasnya.

Adapun lembaga survey yang menyatakan akan melakukan penghitungan cepat itu adalah Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Wilayah Riau, Indo Barometer dan Survey Indonesia. "Kita akan memberikan data-data yang mereka butuhkan seperti jumlah TPS, DPT dan lainnya," jelas Edy Sabli.

Eka Saputra


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar