Daerah

Humas Riau Taja Workshop Pejabat Kehumasan

[caption id="attachment_5813" align="alignleft" width="269"]Fahmizal, karo Humas Pemprov Riau Fahmizal, karo Humas Pemprov Riau[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Humas Setdaprov Riau menggelar Workshop Pejabat Kehumasan Provinsi Riau, Kamis (14/11/13) di Pekanbaru. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas pejabat Humas di pemerintahan daerah.

Workshop ini menghadirkan narasumber H Achmad Nizar Kabid Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI. Acara yang dibuka oleh Kepala Biro Humas Setdaprov Riau Fahmi ini, diikuti oleh 60 perwakilan Humas SKPD Pemerintah Provinsi Riau serta pemerintah kabupaten/kota.

Seperti dijelaskan Fahmi, kegiatan tersebut dalam rangka menyusun rencana aksi bidang kehumasan serta memahami Tupoksi pejabat kehumasan di Provinsi maupun Kabupaten Kota.

Menurut Fahmi, Humas memiliki fungsi diantaranya sebagai teknisi yang bertugas menulis, editing, naskah pidato dan termasuk menggelar ivent spesial serta menjalin komunikasi dengan masyarakat dan media masa. "Sebagai pelaku Kehumasan harus memiliki profesionalitas tersebut," katanya.

Sebagai prinsip managemen Humas harus mampu mengakomodir segala hal. Selain itu peran Humas sebagai fasilitator organisasi dibutuhkan."Untuk peran ini dibutuhkan Humas yang mampu menjalin komunikasi yang baik dan berkesinambungan, termasuk juga penetapan keputusan penting,"ulasnya.

Fahmi menambahkan, dalam Workshop Kehumasan itu diharapkan peserta dapat menggali informasi lebih dalam, tentang bagaimana memberikan informasi cukup kepada publik. Apalagi, pejabat Humas sebagai juru bicara pemerintah juga dituntut untuk membangun citra positif Pemerintah.

Humas sebagai corong pemerintah, harus mampu menjembatani hubungan yang kondusif baik internal dan eksternal antar instansi terkait dalam rangka membangun pencitraan positif pemerintah.Selain itu, juga meluruskan pemberitaan atau hak jawab terkait pemberitaan yang tak benar di media.

Sebagai organisasi pemberi informasi, Humas harus mampu memberikan citra positif menggalang dukungan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah."Dengan menyampaikan informasi dengan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat, sehingga apa yang diharapkan dari Humas dapat berjalan dengan baik,"tutur Fahmi.

Eka Saputra


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar