Daerah

PU Pekanbaru Anggarkan Rp. 20 Milyar Untuk Drainase

[caption id="attachment_6139" align="alignleft" width="300"]Kepala Dinas PU Kota Pekanbaru, Azmi Kepala Dinas PU Kota Pekanbaru, Azmi[/caption] gagasanriau.com, Pekanbaru - Tahun 2014 mendatang Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekanbaru menganggarkan dana sebesar Rp20 miliar guna membangun drainase di jalan Tuanku Tambusai dan jalan Riau. Pembangunan drainase ini bertujuan untuk mengantisipasi banjir.
Nantinya pembangunan drainase di kedua ruas jalan itu akan menjadi percontohan untuk kota Pekanbaru. "Kita sudah menganggarkan dana dalam APBD Perubahan untuk membangun drainase di kedua ruas jalan yang dimulai 2014 mendatang," ungkap Kepala Dinas PU Kota pekanbaru, Azmi, Kamis (14/11) di Pekanbaru.
Disebutkannya, selama ini ada beberapa titik di kedua ruas jalan yang selalu banjir setiap turun hujan. Nantinya drainase di titik-titik yang bisa digenangi air banjir itu akan dibongkar dan dibuat baru yang lebih lebar.
Jika nantinya drainase yang dibangun itu berhasil mengatasi banjir, maka akan menjadi percontohan bagi ruas-ruas jalan lainnya di Pekanbaru. "Jadi pembangunan drainase di kedua ruas jalan ini akan menjadi percontohan untuk kota pekanbaru," tambahnya.
Dia menyebutkan pembangunan drainase itu sebenarnya tidak hanya fokus untuk mengendalikan banjir di kawasan tersebut, tapi juga bisa digunakan sebagai tempat parkir kendaraan. Untuk itu drainase dibuat tertutup namun kokoh untuk dijadikan tepat parkir.

Selain itu juga tersedia besi di atas drainase tersebut guna memudahkan petugas kebersihan melakukan pengerukan bila terjadi penyumbatan. "Jadi kita buat drainase ini banyak fungsinya," pungkasnya.

Eka Saputra


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar