Daerah

Perjasing Gelar Wayang Kulit Sambut Muharram 1435 H

[caption id="attachment_6596" align="alignleft" width="259"]Wayang Kulit Wayang Kulit[/caption]

gagasanriau.com, Kuansing - Menyambut Tahun Baru Hijriyah, Persaudaraan Jawa Kuantan Singingi(Perjasing) menggelar pagelaran wayang semalam suntuk, dengan dalang Basuki Wibowo, putra dalang kondang , Ki Manteb Sudarsono. Selain itu untuk memeriahkan suasana, tampil pula pelawak jebolan Srimulat, Gogon yang tampil bersama 'kembarannya', Gigin. Kegiatan yang dihadiri sekitar 5.000 org ini diselenggarakan di Desa Sukamaju, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi.

Turut hadir dalam kegiatan yang dihiasi rintik hujan ini, antara lain adalah Wakil Bupati Kuansing, Zulkifli. Ketua IKJR, Suradi Paijan, kemudian Caleg DPR RI dari Partai Gerindra, H. Nurzahedi, SE dan masih banyak lagi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kuansing memberikan apresiasi yang sangat tinggi dengan eksistensi yang ditunjukkan masyarakat keturunan Jawa di Kuansing. "Kehadiran Perjasing akan memantapkan percepatan pembangunan di Kuansing", tambahnya.

Pagelaran dimulai tepat jam 10 malam. Dengan komunikasi yang baik, Ki Dalang Basuki Wibowo mampu membuat penonton terpaku dengan atraksinya. Sekitar 1 jam kemudian, sebagai penyegaran, ada sesi yang disebut 'Limbuk-an'. Sesi ini merupakan sesi yang mampu memancing gelak tawa hadirin, dengan komentar-komentar tokoh Limbuk yang polos namun tajam menyentil. Di sesi ini, juga tampil Gogon dan Gigin, yang semakin membuat penonton terpingkal-pingkal.

Hujan yang terus mengguyur, tak lantas membuat penonton meninggalkan acara. Mereka seakan tersihir dengan atraksi dan alur cerita memikat yang dismpaikan. Mereka baru beranjak setelah dalang menuntaskan acara, tepat jam 4 pagi.

Ricky Susanto


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar