Daerah

Pesawat Jatuh Di Rusia, 50 Orang Tewas

[caption id="attachment_6601" align="alignleft" width="300"]Pesawat Jatuh Menewaskan 50 Orang Pesawat Jatuh Menewaskan 50 Orang[/caption]

gagasanriau.com , Tartastan -  Peristiwa pesawat jatuh terjadi di Rusia pada Minggu (17/11) malam. Dalam kejadian tersebut, seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 50 orang dinyatakan tewas.

Pesawat nahas yang berjenis Boeing 737 terbang dari Moscow. Menurut Ministry of Emergency Situations Republic Tartastan, pesawat meledak setelah gagal mendarat di bandara Kazan International. Pemerintahan setempat melaporkan pilot sudah beberapa kali mencoba mendaratkan pesawat namun akhirnya gagal.

Dalam kejadian tersebut, ada 44 penumpang dan 6 awak kabin. Namun, Interfax News Service menyatakan, korban tewas dari kecelakaan tersebut mencapai 52 orang.

Interfax juga melaporkan bahwa di antara korban tewas terdapat Irek Minnikhanov, putra Gubernur Tatarstan, dan Alexander Antonov, Kepala Dinas Keamanan Federal untuk Tatarstan.

Kecelakaan tersebut terjadi pukul 19.20 waktu setempat.

Pesawat milik maskapai lokal Tartastan dengan nomor penerbangan U363 lepas landas dari bandara Domodedovo pada pukul 18.25 waktu setempat dan meledak satu jam setelahnya. Usia dari pesawat tersebut adalah 23 tahun.

Berdasarkan saksi mata yang dilaporkan kepada Reuters, Boeing kehilangan keseimbangan dan sebagai dampaknya, tangki bahan bakar meledak.

Dilaporkan, pada saat kejadian, angin bertiup kencak dan langit di sekitar bandara tampak berawan. Adapun temperatur udaranya di atas nol derajat.

Sergei Izvolsky, Jurubicara dari maskapai tersebut menyatakan saat ini pihaknya tengah mencari kotak hitam pesawat tersebut. "Saat menyentuh landasan, pesawat meledak. Penyebabnya belum diketahui," jelas Sergei.

Pelayanan udara terburuk

Rusia merupakan salah satu negara dengan pengoperasian transportasi udara terburuk dunia pada 2011 lalu. Berdasarkan data yang dirilis International Air Transport Association (IATA), total kecelakaan pesawat rata-rata mencapai tiga kali dari rata-rata dunia.

Tahun lalu, keamanan transportasi udara dunia sudah semakin membaik. Namun, tingkat kecelakaan di Rusia semakin meningkat.

Pada April 2012, setidaknya 31 orang tewas saat sebuah pesawat komersial jatuh tak lama setelah lepas landas.

Pada September 2011, sebuah jet dengan kapasitas 42 penumpang yang membawa tim hockey nasional negara tersebut jatuh setelah lepas landas dan meledak di dekat kota Yaroslavl. Kejadian itu menewaskan 44 orang.

kontan.co.id


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar