Daerah

Septina Dapat Anugerah Bunda PAUD Dari Ibu Negara

[caption id="attachment_6717" align="alignleft" width="200"]Septina Primawati Rusli Zainal, istri Guberunur Riau Septina Primawati Rusli Zainal, istri Guberunur Riau[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Hj Septina Primawati Rusli mendapat Anugerah Bunda PAUD Berprestasi Nasional 2013. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono. Penganugerahan kepada Septina ini, digelar di Istana Negara Jakarta, Selasa (19/11). Anugerah ini merupakan penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

Sekretaris PAUD Provinsi Riau Dian Mutia mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Septina Primawati ini, berkat program kerjanya melalui Forum PAUD Riau menuntaskan satu desa satu PAUD. Program tersebut dilaksanakan setelah dilakukan pemetaan oleh Forum PAUD Riau yang mendapati masih banyak desa yang belum memiliki PAUD.

"Dan setelah gerakan PAUDISASI dirintis, hanya tinggal 51 desa di Riau yang belum memiliki PAUD dan terbanyak di Kabupaten termuda Riau, Kepulauan Meranti. Selama menjadi bunda PAUD, Ibu Septina sukses menuntaskan program satu desa satu PAUD dimana dari 535 desa yang belum memiliki PAUD, kini tinggal 51 desa saja,"kata Dian.

Lebih jauh dikatakan Dian, Program yang diambil Septina melihat fenomena tingkat partisipasi PAUD yang tergolong rendah dan butuh perhatian, tercatat angka partisipasi kasar PAUD di Riau hanya berada dikisaran 28 persen. Padahal pendidikan PAUD sangat penting dalam pembentukan karakter dan kecerdasan anak sejak dini.

Karena seperti diketahui PAUD sangat penting dalam membangun karakter anak sejak dini khususnya mulai usia 0 sampai 6 tahun, dimasa itu anak lebih mudah dididik untuk hal yang baik dan berdasarkan hasil penelitian akan dibawa sang anak hingga dewasa.

"Sangat berbeda sekali prestai anak yang tidak mauk PAUD dengan anak yang sudah mengecam pendidikan PAUD baik karakter maupun kecerdasanya,"ujarnya.

Jadi dengan program satu desa satu PAUD yang sukses dilaksanakan Septina, dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak di Riau."Kita berharap dapat mengguggah hati orang tua agar jangan cemas memasukan anaknya ke lembaga PAUD," pungkasnya.

Eka Saputra


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar