Daerah

Mardianto : Firdaus Harus Berani Membuat Terobosan

[caption id="attachment_6734" align="alignleft" width="236"]Mardianto Mana, Pengamat Tata Kota Pekanbaru Mardianto Mana, Pengamat Tata Kota Pekanbaru[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Pengamat Perkotaan, Mardianto Manan mengatakan Lalu lintas Pekanbaru sudah Lumayan membaik, namun Walikota Pekanbaru, Firdaus MT yang merupakan Master Transportasi seharusnya bisa Lebih memberikan terobosan baru yang lebih inovatif.

"sampai saat ini cukup bagus namun masih perlu kita sempurnakan kedepannya lagi, buktinya bagus kemarin kita dapat WTN dan juga Seharusnya Beliau (Firdaus MT, Red) bisa memberikan gebrakan gebrakan yang lebih berani lah, ini kan jalurnya dia" Ungkapnya kepada gagasanriau saat di wawancara melalui pesan singkat, Selasa (19/11/13).

Tidak hanya Gebrakan, namun juga perbaikan sistem lalu lintas yang lebih terstruktur. Pengaturan jumlah kendaraan kendaraan besar yang membuat volume Lalu lintas menjadi Padat bisa di antisipasi dengan baik. Dan tidak hanya itu, Menurutnya lagi fasilitas Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) yang dimiliki kota Pekanbaru ukurannya sangat besar dibandingkan dengan Luas jalan yang tersedia.

"Ya harusnya ada pengaturan mobil mobil besar masuk kota itulah, karena kota sudah cukup padat sehingga menggangguan keluwesan orang untuk berlalu lalang kalau ingin tetap menghidupkan SAUM bisa di ganti dengan ukuran sedang. Tapi sebenarnya yang terpenting lagi perangai pengendara yang perlu penyadaran untuk mematuhi aturan dan mengontrol kecepatan di tengah kota. Dan batasi juga jenis kendaraan yang masuk ke tengah kota" Tambahnya lagi.

Mengenai SAUM terutama TMP. Seharusnya kota Pekanbaru perlu memiliki jalur khusus, tapi terkait kondisi lahan yang hanya  tetap seperti sekarang ini dinilai Mardianto susah untuk dikembangkan. Namun seharusnya  lokasi tidak menjadi hambatan untuk mengembangkan Sarana Angkutan Massal tersebut, Pemerintah seharusnya memberikan solusi baru seperti Angkutan massal tersebut  diperkecil seukuran sedan bukan seperti sekarang.

"Dan lagi, kita Punya Walikota yang memang berkompeten di bidang Transporasi ini, maka beliau sekali lagi seharusnya tak perlu risau,  Tak perlu lah sampai menyewa jasa konsultan atau ahli apa lah itu, dia (Firdaus,MT) kan sudah hebat kok cuma kurang berani dan tak punya terobosan baru dan baik saja" tutupnya.

Dian Rosari


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar