Daerah

Terkait Banjir, Walikota Instruksikan Azmi Bekerja sama dengan Pemerintah Pusat dan Propinsi

[caption id="attachment_6844" align="alignleft" width="217"]Walikota Pekanbaru, Firdaus ST,MT Walikota Pekanbaru, Firdaus ST,MT[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Walikota Pekanbaru, Firdaus MT menginstruksikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pekanbaru, Azmi untuk bekerja sama dengan Pemerintah Pusat dan Propinsi terkait Banjir yang melanda sebagian kota Pekanbaru yang diakibatkan tingginya curah hujan akhir akhir ini.

Firdaus mengatakan bahwa dalam suatu Wilayah terdapat beberapa kewenangan yang tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah kota, namun juga menjadi tanggung jawab Pusat serta Propinsi.

"Curah hujan yang tinggi kembali menyebabkan banjir, seperti laporan yang disampaikan ketua PU kepada saya banyaknya terjadi genangan genangan karena parit yang tidak lancar. Dan saya sudah koordinasikan Kepala Dinas PU kota untuk dapat berkoordinasi dengan Dinas PU propinsi dan Kementrian juga atas masalah yang kita hadapkan sekarang.

Kewengananya tak hanya menjadi kewenangan Wilayah Kota Namun juga Ada tanggung jawab Propinsi dan Kementrian. Dan ini butuh Koordinasi dan kerja sama" Jelasnya saat ditemui diruangan kerjanya, Kamis (21/11/13).

Firdaus juga mengatakan bahwa dirinya telah menugaskan Kepala Dinas PU kota Pekanbaru untuk lebih proAktif lagi dalam menjalin kerjasama dengan beberapa instansi Terkait untuk menangani masalah banjir tersebut, karena menurutnya ini semua dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"Masyarakat tak mau tau, yang mereka tau mereka tinggal di Pekanbaru, jadi semua tanggung jawab ada di Walikota. Padahal di titik tertentu terdapat kewenangan serta tanggung jawab pemerintah Propinsi maupun Kementrian untuk menyelesaikannyan"tambahnya lagi.

Tak hanya mengenai tanggung jawab siapa dalam mengatasi masalah tersebut, Firdaus juga menyebutkan Genangan dan banjir terjadi tak luput dari akibat pembangunan Rumah Toko (Ruko) yang tersebar diruas ruas jalan tertentu yang menyebabkan aliran di parit parit serta drainase menjadi terhambat.

"Persoalan utama akan di selesaikan seperti  di ruas jalan tertentu banyak bangunan ruko yang membuat jalan jalan masuk ke toko mereka dan ini juga membuat parit menjadi tidak lancar.Begitu juga penyumbatan oleh sampah sampah yang juga mengganggu kelancaran aliran parit parit tentunya" ungkapnya.

Masalah banjir ini tak hanya menjadi tanggung jawab Pemko Pekanbaru, Firdaus meminta agar semua masyarakat untuk bisa berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

"kita telah menginformasikan kepada camat dan Lurah untuk mengajak warganya bergotong royong mengajak warganya menjaga Lingkungan. Kalau masing masing Wilayah sudah Kita jaga insya allah semuanya Pasti akan Lancar air mengalir saat hujan datang, sehingga genangan dan banjir bisa di hindari dan juga penyakit," tutupnya.

Dian Rosari


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar