Daerah

KPU Riau Akan Umumkan Hasil Pilgubri 4 Desember

[caption id="attachment_3999" align="alignleft" width="300"]Ketua KPUD Riau Tengku Edy Sabli gagasanriau.com Ketua KPUD Riau Tengku Edy Sabli gagasanriau.com[/caption]

gagasanriau.com ,Pekanbaru-Komisi Pemilihan Umum Daerah Riau menjadwalkan rapat pleno terbuka penghitungan suara pemilihan umum kepala daerah setempat akan dilaksanakan pada 4 Desember 2013. "Jadi kami tidak ingin berkomentar banyak soal hasil hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga penelitian," kata Ketua KPU Riau, Tengku Edy Sabli kepada Antara di Pekanbaru, Rabu sore.

Sabli mengatakan, hitung cepat yang dilakukan oleh sejumlah lembaga atau organisasi merupakan gambaran hasil pemungutan suara yang tidak final.

"Palingan mereka juga hanya mengambil sampel di beberapa TPS (Tempat Pemungutan Suara) saja, dan tidak seratus persen," katanya. Sabli menjelaskan, bahwa penghitungan suara secara resmi akan dilakukan pada rapat pleno yang dijadwalkan pada 4 Desember mendatang.

"Saya tidak bisa berkomentar siapa yang menang dan siapa yang kalah untuk saat ini. KPU tidak bisa menerka-nerka sampai nanti ada hasil atau keputusan resmi," katanya.

Pada Pilkada Riau putaran kedua saat ini, ada beberapa lembaga atau asosiasi yang melaksanakan hitung cepat (quick count).

Salah satunya adalah lembaga penelitian Indobarometer yang dalam hitung cepat sementara hingga pukul 17.00 WIB menyatakan pasangan nomor urut 2, Anas-Andi munggul mutlak atas lawannya Herman-Agus (nomor urut 1).

Hasil "quick count" itu menyebutkan pasangan Anas Maamun - Arsyadjuliandi Rahman (Anas-Andi) yang diusung Partai Golkar berhasil mengumpulkan sebanyak 59,64 persen.

Sementara pasangan Herman Abdullah - Agus Widayat (Herman-Agus) hanya mengumpulkan sebanyak 40,36 persen suara.

Itu merupakan data yang diambil lembaga Indobarometer dari sebanyak 300 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten/kota di Riau.

Sampel pemungutan suara tersebut hanya kurang dari 5 persen dari jumlah TPS Pilkada Riau yang mencapai 11.669 TPS tersebar di 12 kabupaten/kota di Riau.

Selain itu, hitung cepat juga dilakukan Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau (FISIP UnRi).  AIPI juga menyatakan pasangan Anas-Andi unggul sementara dari lawannya, Herman-Agus.

antarariau


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar