Rudiyanto Ikuti Rakornas Persiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018


Dibaca: 261 kali 
Kamis,22 Februari 2018 - 13:55:31 WIB
Rudiyanto Ikuti Rakornas Persiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudiyanto mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) persiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2018).

Rakornas tersebut diikuti oleh seluruh Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten / Kota yang akan melangsungkan Pilkada pada bulan Juni mendatang. Selain itu, turut hadir pula Ketua KPU Provinsi dan Ketua Bawaslu Provinsi.

Menurut, Pj Bupati, rakornas yang diadakan Kemendagri tersebut, merupakan upaya memperkuat soliditas pemerintah pusat, pemerintah daerah, KPU, dan Bawaslu dalam mengawal Pilkada Serentak 2018.

"Pilkada serentak sehat tanpa isu SARA. Pilkada yang jujur tanpa politik uang dan pilkada yang menggembirakan", kalimat itulah yang dikemukakan Sumarsono yang tujuannnya tidak lain adalah untuk menciptakan Pilkada yang bersih, jujur dan adil serta jauh dari pertikaian," ujar Pj Bupati usai rapat.

Menurut Pj Bupati, peran pemerintah pusat dan daerah diperlukan sebagai upaya mengantisipasi permasalahan yang dikhawatirkan timbul karena gesekan horizontal di antara calon peserta maupun pendukung pasangan calon.

Pj Bupati menuturkan, optimalisasi dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam memetakan potensi konflik disertai koordinasi intensif dengan aparat penegak hukum menjadi hal yang perlu dikedepankan.

"Tentunya hal itu agar dapat meminimalisir potensi dan dampak yang ditimbulkan dari gesekan horizontal di tengah masyarakat," urai Pj Bupati.

Setidaknya, terdapat tiga tujuan diselenggarakannya rakornas itu. Pertama, menguatkan kembali substansi dalam memperkuat upaya pencegahan korupsi menjelang pilkada, memperkuat upaya transparansi dan akuntabilitas dana hibah pilkada dan memperkokoh netralitas birokrasi.

Kedua, mengonsolidasikan segenap aparat pemerintah, Pemda, TNI, Polri, KPU, Bawaslu dalam menjaga kelancaran saat kampanye, jelang pencoblosan, penghitungan suara, pengumuman hasil dan penanganan hasil sengketa serta pengawalan jika terdapat pilkada susulan atau pilkada ulang.

Ketiga, membangun dan menyebarluaskan semangat kebebasan berdemokrasi kepada semua pihak untuk menerima hasil pilkada secara wajar, siap menang, siap kalah, dan lebih mengedepankan hukum dalam sengketa proses pilkada.

"Sesuai dengan substansi dari rakornas tersebut, Saya memiliki harapan yang besar, baik itu kepada para kandidat beserta tim pemenangan juga secara luas kepada masyarakat Inhil agar dapat senantiasa menjaga kondusifitas situasi Pilkada dalam setiap tahapan yang dilangsungkan," tandas Pj Bupati.(ADV)


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,25 September 2018 - 22:43:39 WIB

    Pelaku Penikaman di Tembilahan Menyerahkan Diri

    Pelaku Penikaman di Tembilahan Menyerahkan Diri GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN – HF Terduga pelaku penikaman korban KR (19 tahun) warga Jalan Gerilya Tembilahan Hulu, hingga akhirnya tewas yang terjadi Minggu lalu di Jalan Gerilya Tembilahan, akhirnya menyer
  • Selasa,25 September 2018 - 21:08:51 WIB

    Residivis di Inhil Kembali Dibekuk Polisi Ditemukan 40 Butir Pecahan Ekstasi

    Residivis di Inhil Kembali Dibekuk Polisi Ditemukan 40 Butir Pecahan Ekstasi GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - ZA (35 tahun) warga jalan Pekan Arba Kel. Pekan Arba Tembilahan, kembali berurusan dengan Sat Res Narkoba Polres Indragiri Hilir, setelah tertangkap karena memiliki 2 paket sabu &ndas
  • Selasa,25 September 2018 - 14:55:16 WIB

    Said Syarifuddin: Jerambah ini Sudah Parah Harus Diperbaiki

    Said Syarifuddin: Jerambah ini Sudah Parah Harus Diperbaiki GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Mengingat sudah layak untuk dilakukan perbaikan, Sekda Kabupaten Inhil Said Syarifuddin didampingi Kadis Perkim Kabupaten, Camat Tembilahan Hulu, Lurah Tembilahan Hulu beserta RT kunj
  • Selasa,25 September 2018 - 14:37:56 WIB

    MTQ XI Tingkat Kecamatan Pulau Burung

    MTQ XI Tingkat Kecamatan Pulau Burung GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Drs. H Afrizal MP membuka secara resmi k
  • Senin,24 September 2018 - 03:29:02 WIB

    Pulang Rapat Panitia Kawinan, Ar Terkejut Rumahnya Hangus Terbakar

    Pulang Rapat Panitia Kawinan, Ar Terkejut Rumahnya Hangus Terbakar GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Sontak terkejut dan sedih dialami warga  RT 03 RW 01 Kelurahan Tempuling  Kecamatan Tempuling Kabupaten Inhil, saat meliha
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker