Disbun Inhil Himbau Petani Jangan Alih Fungsikan Lahan

Rabu, 05 Februari 2014 - 05:01:10 wib | Dibaca: 1944 kali 

Gagasanriau.com ,Tembilahan-Pergerakan harga kelapa dalam beberapa pekan ini, Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menghimbau para petani untuk tidak serta-merta mengalihfungsikan lahannya untuk ditanami kelapa.

Hal ini dikhawatirkan karena areal persawahan yang dimiliki oleh petani akan menjadi perkebunan kelapa secara massif.

Demikian dikatakan oleh Kepala Disbun Inhil, Ir H Kuswari MP melalui Kabid Peningkatan Produksi Perkebunan, Saiful Fitri Msi Selasa (4/2).

”Seperti yang disampaikan oleh Wabup Inhil belum lama ini dimana dikatakannya bahwa Indragiri Hilir ini diciptakan Allah sebagai negeri pertanian, untuk itu jangan terlalu berkhayal ingin daerah kita ini menjadi daerah teknologi pencipta pesawat atau lainnya, dimana itu adalah sebuah ungkapan yang sangat sederhana, tetapi sarat dengan muatan pesan strategi manajemen pembangunan daerah sekiranya kita mau berfikir secara objektif”kata Saiful .

Ditambahkan Saiful secara teori jika sebuah daerah didominasi oleh masyarakatnya yang berpenghasilan pada sektor pertanian, maka model perekonomian daerah tersebut pasti akan sangat dipengaruhi oleh tingkat produktivitas dan harga jual dari hasil pertanian itu sendiri.

”Ketika hari ini harga kopra sudah membaik, maka tidak berarti kita harus beralih arah untuk merubah fungsi lahan yang selama ini merupakan lahan persawahan menjadi lahan untuk tanaman perkebunan kelapa, karena cara yang demikian itu justeru akan membuat permasalahan baru dikemudian hari,”tegasnya.

”Oleh sebab itu maka urusan keterpaduan-sinkronisasi jalan pikiran untuk mampu membaca dan memaknai prinsip yang sama yang semuanya di arahkan untuk upaya percepatan pembangunan kualitas hidup yang lebih baik, yang tentunya merupakan bagian dari penjabaran spirit baru perlu secara bersama-sama pula kita tata sedemikian rupa,” terang Saiful.

Findriani/Humas


Loading...
BERITA LAINNYA