Satgas Penanggulangan Kebakaran Temukan Terbakar

Sabtu, 01 Maret 2014 - 14:39:09 wib | Dibaca: 1958 kali 

Gagasanriau.com.Pekanbaru-Sebanyak 12 titik kebakaran lahan berada di kawasan milik perusahaan dari 34 titik yang menjadi prioritas untuk dilakukan upaya pemadaman, demikian catatan data Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Lahan Provinsi Riau.

Itu merupakan hasil pantauan udara pesawat tempur Lapangan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru yang diumumkan pada rapat gabungan, Sabtu pagi.

"Prioritas pemadaman akan tetap pada sumber kebakaran yang menghasilkan asap dengan arah ke kota (Pekanbaru)," kata Komandan Satgas Kebakaran Lahan Riau, Danrem Wirabima 031 Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto kepada pers di Posko Kebakaran Lahan Riau di Lapangan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Sabtu (1/2/2014).

Data koordinat titik api tersebut 12 diantaranya berada di kawasan perusahaan seprti di lahan yang dikelola PT Rimba Rokan Lestari terdapat empat titik, PT Sekato Pratama Makmur (empat titik), PT Tobe Indah (tiga titik), dan di kawasan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) terdapat satu titik kebakaran.

Selebihnya atau sekitar 22 titik kebakaran menurut pantauan, berada di kawasan tidak berisin atau hutan alam (open akses).

Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto mengatakan, saat ini tim darat masih terus melakukan upaya-upaya dengan segala keterbatasan sambil menunggu bantuan sejumlah pesawat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Sangat diharapkan, selurum satgas mulai dari pemadaman, penindakan dan lainnya bergerak agar masalah ini segera teratasi," katanya.

Sementara itu, Satgas Penindakan dari kepolisian sebelumnya telah menetapkan 40 orang sebagai tersangka pembakar lahan dari kalangan masyarakat.(Ant)


Loading...
BERITA LAINNYA