Karena Penjelasan Pihak Perusahaan, Satgas Cabut Tuduhan Perusahaan Pembakar Lahan

Sabtu, 29 Maret 2014 - 02:38:48 wib | Dibaca: 1883 kali 

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Sikap Satuan Tugas Tanggap Darurat Asap Riau tidak konsisten dengan pernyataan sebelumnya, karena sebelumnya sempat menyatakan bahwa perusahaan Grup Sinar Mas yakni PT.Arara Abadi melakukan pembakaran namun kali ini kembali menyatakan perusahaan tersebut tidak terbukti melakukan pembakaran.

Alasan yang disampaikan, seperti yang dilansir oleh media online lokal Riau karena pihak perusahaan telah memverifikasi bahwa tidak ada pihak perusahaan melakukan pembakaran lahan.

"Hasil verifikasi menunjukan tidak ada pembakaran. Hal ini juga disampaikan oleh Komandan Satgas Pasukan Darat Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto pada rapat evaluasi di Posko Satgas Darurat Asap sore ini," kata Juru Bicara Satgas Darurat Asap Riau, Kolonel Bernardus Robert, di Pekanbaru, Jumat (28/3/2014).

Pernyataan Brigjen TNI Prihadi Agus Komandan Satgas pada 26 Maret lalu mengungkapkan adanya indikasi pembakaran lahan di konsesi PT Arara di Riau.

Namun setelah dilakukan rapat tertutup antara Tim Satgas dan pihak perusahaan Juru Bicara tim Satgas Kolonel Robert, bahwa klarifikasi pihak perusahaan diterima dan dinyatakan perusahaan tidak membakar lahan.

Pada 26/3 yang lalu Komandan Satgas Brigjen TNI Prihadi Agus sempat menuding pihak perusahaan melakukan pembakaran lahan sebagai bagian dari pembersihan lahan, berdasarkan pantauan tim nya dengan menggunakan helikopter TNI, dan katanya lagi, pantaun dengan heli tersebut terdapat unsur kesengajaan pihak perusahaan pembakaran lahan.

Tata Haira

 


Loading...
BERITA LAINNYA