Bikin Sengsara Rakyat, MASKER Desak Pemerintah Hentikan Operasional Perusahaan HTI Di Riau

Ahad, 06 April 2014 - 12:44:04 wib | Dibaca: 1981 kali 

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Berlatar belakang kebakaran lahan yang mengakibatkan kabut asap di Provinsi Riau hingga merugikan seluruh sendi kehidupan bahkan puluhan ribu masyarakat terjangkiti penyakit ISPA,Masyarakat Anti Kabut Asap Riau (MASKER) mendesak pemerintah mencabut izin dan menghentikan perusahaan pembakar lahan di bumi lancang kuning ini.

Dirilis oleh MASKER ke redaksi Gagasanriau.com yang dikirim Minggu (5/4/2014) izin Perkebunan & Kehutanan di Riau 12 Juta hektar sementara luas lahan di riau 8,9 Juta hektar semetara luas hamparan Gambut 4,2 Juta hektar sisa 2 Juta Hektar sejak kurun waktu 1982 hingga 2013.

Atas dasar itu MASKER mendesak agar dilakukan penghentian operasional perusahaan perkebunan dan kehutanan dalam tempo 6 bulan ke depan.

"Seluruh Perusahaan Perkebunan dan Kehutanan di Riau melakukan rewetting atau Pembasahan Lahan dan mem-blok kanal-kanal"tegas Ary Nugraha Juru Bicara MASKER.

Selain MASKER juga mendesak pemerintah untuk memberikan kompensasi kesehatan dalam jangka 10 Tahun dan mendorong seluruh Rumah Sakit Pemerintah & swasta di Riau untuk menyediakan fasilitas gratis kesehatan korban asap.

Ditambahkan Ary pemerintah Provinsi Riau juga harus memberikan komitmen politik untuk menjamin keselamatan warga agar bencana asap tidak terjadi kembali di Riau.

Tata Haira


Loading...
BERITA LAINNYA