Meleset! KPU Riau Masih Pampang Nama Wagubri Sebagai Caleg Di Kertas Suara

Rabu, 09 April 2014 - 16:22:34 wib | Dibaca: 2137 kali 

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Meleset kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau pasalnya didalam kertas surat suara Pemilihan Umum 2014 masih tercantum nama Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman masih sebagai calon anggota legislatif (Caleg) nomor urut 1 untuk DPR dari Partai Golkar bersama 71 caleg lain dari 12 partai politik peserta Pemilu legislatif.

Dari gambar yang dipanjangkan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Nomor 12, Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Rabu (9/4/2014), para pemilih heran.

"Kok Wagub Riau namanya masih ada sebagai caleg DPR?, bukankah dia telah dilantik beberapa waktu lalu jadi orang nomor dua di provinsi ini," ujar seorang warga setempat, Ani.

TPS Nomor 12, Kelurahan Delima mengambil lokasi di lapangan bola voli Rukun Tetangga (RT) 03/Rukun Warga (RW) 02 Kota Pekanbaru yang membuat sebagian pemilih tercegang melihat gambar para Caleg.

"Aneh aja, Pak Arsyadjuliandi Rahman telah dilantik jadi Wagub, tetapi namanya masih ada. Kalau begitu, bagaimana dengan kinerja Komisi Pemilihan Umum Riau?," kata warga lain, Dody.

Pemilih di Kecamatan Tampan yang merupakan daerah pemilihan (dapil) 5 Pekanbaru bersama Kecamatan Payung Sekaki memilih 143 Caleg yang terdaftar dalam daftar calon tetap (DCT) dengan memperebutkan 12 kursi dari 45 kursi DPRD Kota Pekanbaru.

Kemudian untuk dapil I Kota Pekanbaru ada sebanyak 108 caleg yang terdaftar dalam DCT yang memperebutkan 9 kursi dari 65 kursi DPRD provinsi, lalu untuk dapil Riau 1 ada sebanyak 72 Caleg yang terdaftar dalam DCT yang memperebutkan enam kursi dari 11 kursi untuk DPR.

"Terakhir ada 25 calon anggota provinsi itu yang memperebutkan sebanyak empat kursi untuk DPD asal Riau. Mudah-mudahan yang terbaik diberikan Allah dan bagi Caleg yang tidak terpilih karena belum saatnya, tidak kecewa," ujar anggota TPS Nomor 12, Yana Priatna.

Sehari sebelumnya, Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman menyatakan dirinya tidak mengetahui jika masih terdaftar dalam surat kertas suara Pemilihan Legislatif untuk DPR Dapil Riau 1 dengan nomor 1.

"Saya tak tahu, saya kan sudah digantikan sama Rini Rahmadhani," ujar wagub.

Berdasarkan Data Caleg Tetap (DCT) yang tercantum pada situs resmi Komisi Pemilihan Umum dengan alamat www.kpu.go.id, nama Arsyadjuliandi Rahman belum dicoret sebagai caleg dari Partai Golkar.

Wagub mengatakan agar hal tersebut sebaiknya ditanya langsung kepada KPU Riau sebagai pihak penyelenggara. "Coba tanyakan ke KPU saja," ucapnya.(Ant)

 


Loading...
BERITA LAINNYA