Pemerintah Provinsi Riau Tak Serius Tangani Bencana Asap

Selasa, 29 April 2014 - 13:30:37 wib | Dibaca: 2043 kali 

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Pemerintah Provinsi Riau dinilai lamban tak serius menangangi bahaya ancaman kebakaran lahan karena sampai saat ini perencanaan tidak tersusun dengan matang.

Hal ini membuat Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Tri Budiarto, mengaku kecewa terhadap pemerintah daerah di Provinsi Riau yang belum mempersiapkan secara matang rencana aksi pencegahan bencana asap mengantisipasi kebakaran lahan yang diprediksi terulang lagi pertengahan 2014.

"Ternyata yang saya sayangkan, masih ada perbedaan persepsi mengenai betapa pentingnya masalah pencegahan ini. Apa yang BNPB anggap penting, ternyata di sisi lainnya belum dianggap sesuatu yang penting oleh pemerintah daerah," kata Tri Budiarto pada Seminar "Solusi Tuntas Riau Bebas Asap", di Pekanbaru, Selasa (29/4/2014).

Kekecewaan BNPB cukup beralasan karena pada Rapat Koordinasi Persiapan Penanggulangan Bencana Asap di Kantor Gubernur Riau di Pekanbaru pada Senin (28/4) lalu, banyak pejabat kabupaten/kota di Riau ternyata tidak hadir.

Padahal, Tri Budiarto mengatakan mengatakan sebenarnya sangat besar harapan BNPB agar gubernur, bupati dan wali kota di Riau menjadi yang terdepan untuk mencegah agar kebakaran tidak terjadi lagi pada musim kemarau ekstrem pada pertengahan tahun ini.

Terlebih lagi, ia mengatakan pemerintah pusat awalnya sangat berharap Gubernur Riau memegang amanah untuk mencegah bencana asap setelah tongkat komando diserahkan dari Kepala BNPB Syamsul Maarif kepada Gubernur Riau Annas Maamun saat Status Darurat Asap Riau berakhir pada 4 April lalu.

"Tapi kita tidak bisa melakukan intervensi," kata Tri Budiarto.(Ant)


Loading...
BERITA LAINNYA