Ketua KPU Riau Mengatakan Pihaknya Sudah Bekerja Maksimal, Meskipun Berbau Curang

Ahad, 04 Mei 2014 - 02:50:57 wib | Dibaca: 1893 kali 

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Nurhamin mengatakan bahwa pihaknya beserta jajaran sudah melaksanakan sesuai dengan poin-poin yang direkomendasikan terkait penghitungan ulang di Kabupaten Kampar meskipun ditemukan banyak kejanggalan dan kecurangan.

"Kotak sudah kita buka dan rekap ulang yang semula 13 desa menjadi 23 desa juga telah kita laksanakan sehingga cukup membuat jadwal kita ketat. Empat hari empat malam KPU Kampar tidak tidur," katanya mengeluh Sabtu (3/4/2014).

Ia menegaskan bahwa KPU dalam konteks ini bukanlah untuk memenuhi tuntutan saksi, tapi memenuhi rekomendasi yang hanya sebatas menghitung ulang total suara sah dan tidak sah meskipun hasilnya masih belum sinkron.

Hasil hitung ulang melalui formulir C1 telah mengurangi selisih jumlah suara sah dan tidak sah antar surat suara yang awalnya berjumlah lebih dari 2.000 suara menjadi hanya 1.052 suara.

Terkait banyaknya ditemukan kejanggalan, secara internal ia janji akan melakukan evaluasi, khususnya KPU Kampar."Apa yang dilakukan sudah baik dan yang terjadi adalah sebuah resiko tidak tertibnya menyusun strategi pemilu karena upaya yang kurang maksimal," jelasnya.(Ant)


Loading...
BERITA LAINNYA