Pertengahan Mei Ini, 16 Hektare Hutan Riau Terbakar

Ahad, 11 Mei 2014 - 04:29:05 wib | Dibaca: 1877 kali 

Gagasanriau.com, Pekanbaru-Belum sebulan penuh bilangan bulan Mei ini, namun kebakaran lahan di Provinsi Riau sudah melalap 16 haktere hutan dan lahan di sejumlah wilayah kabupaten/kota berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD).

Seperti pemberitaan yang dilansir oleh media online lokal antarariau titik terbanyak kebakaran lahan ini terdapat di Kota Administratif Dumai, dengan total 13 hektar seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Said Saqlul Amri.

"Titik kebakaran lahan selama bulan Mei ini berada di Kota Dumai yakni 13 hektare lahan telah hangus," kata Kepala BPBD Riau, Said Saqlul Amri Minggu pagi (11/5/2014).

Sementara sisanya, lanjut kata dia, yakni seluas tiga hektare lahan hangus berada di Kabupaten Rokan Hilir.

Menurut data Satuan Tugas Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Riau, sebanyak dua titik kebakaran lahan telah berhasil dipadamkan.

Satgas menurut informasi sejauh ini masih dalam kondisi siaga mengantisipasi terjadinya kebakatan hutan dan lahan.

Menurut data yang dirangkum BPBD Riau, sepanjang akhir Februari hingga pertengahan April 2014 terdapat 242 titik kebakaran lahan yang tersebar di sejumlah wilayah kabupaten/kota.

Sementara luas lahan yang terbakar ketika itu tercatat ada sebanyak 21.925 hektare.

Peristiwa kebakaran lahan paling dahsyat terjadi di Kabupaten Bengkalis yakni menghanguskan sedikitnya 8.221 hektare dan di Meranti ada sebanyak 7.215 hektare.

Sementara itu menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kondisi cuaca di berbagai daerah kabupaten/kota di Riau masih berpeluang terjadinya hujan ringan-sedang.(Ant)

Editor Tata Haira

 


Loading...
BERITA LAINNYA