Pemerintah Laksanakan Program Reformasi Birokrasi untuk Wujudkan Good Governance

Sabtu, 24 Mei 2014 - 15:41:23 wib | Dibaca: 1853 kali 

Gagasanriau.com. Tembilahan-Guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), pemerintah saat ini telah melakukan berbagai upaya, diantaranya melaksanakan program reformasi birokrasi.

Hal itu disampaikan Bupati Inhil, HM Wardan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda, H Afrizal saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Kepegawaian di lingkungan Pemkab Inhil, yang digelar di Gedung Puri Cendana Tembilahan, Jum’at (23/5/14).

Reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara, agar lebih berdayaguna dan berhasilguna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.

“Menindaklanjuti reformasi birokrasi ini, pemerintah melakukan perubahan mendasar terhadap sistem manajemen kepegawaian, melalui Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara sebagai pengganti Undang-Undang Kepegawaian Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok Pokok Kepegawaian junto Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999,”tutur Afrizal.

Berkaitan dengan programpeningkatan kinerja dan kualitas pelayanan publik,dijelaskan Afrizal, salah satu peraturan kepegawaian yang perlu dipahami adalah Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Dimana peraturan ini merupakan pengganti Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979 tentang Daftar Penilaian Prestasi Pegawai atau DP-3.

“Bimtek ini sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan sumberdaya aparatur yang profesional, khususnya dalam rangka mengantisipasi implementasi UU Nomor 5Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan melaksanakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil,” terangnya.

Selanjutnya, mantan Kepala Disdukcapil Kabupaten Inhil ini berharap kepada para peserta,untuk dapat mengikuti seluruh materi yang akan disampaikan oleh narasumber dengan baik dan disiplin yang tinggi.

“Kita harapkan, materi yang disampaikan nantinya bisa dipahami dan diimplementasikan,serta ditularkan kembali kepada semua Pegawai Negeri Sipil di unit kerjanya masing-masing,” imbuhnya
Advertorial/Humas/Ragil Hadiwibowo


Loading...
BERITA LAINNYA