"Pemkab Pelelawan Jamin 115 Ribu Jiwa Berobat Gratis

Senin, 02 Juni 2014 - 12:18:26 wib | Dibaca: 1921 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru-Kabupaten Pelelawan memastikan selama tahun 2014 ini telah mencatatkan 115 ribu jiwa akan diberikan fasilitas kepada rakyat untuk mendapatkan jaminan kesehatan gratis melalui Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesda).

"Jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun," kata Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan, dr Endio Romo Praktiknyo kepada pers di Pangkalan Kerinci, Senin (2/6/2014) siang.

Program Jamkesda merupakan program kesehatan gratis Pemkab Pelalawan yang diselenggarakan sejak tahun 2011.

Pada awal pelaksanaannya, demikian Endio, ada sebanyak 32 ribu masyarakat kurang mampu yang masuk dalam Jamkesda. Jumlahnya menurut dia kemudian terus bertambah hingga memasuki 2013 menjadi 115 ribu jiwa.

Jika dibandingkan dengan angka kemiskinan di Pelalawan yang hanya 10 sampai 11 persen dari total jumlah penduduk yang mencapai 375 ribu jiwa, jumlah peserta Jamkesda tersebut memang jauh lebih besar.

Hal itu menurut dia karena banyak juga kalangan masyarakat menengah yang tergolong miskin ketika mereka jatuh sakit.

"Mereka itu juga masuk atau ikut dalam Program Jamkesda. Mereka gratis dilayani oleh seluruh pusah kesehatan masyarakat (puskesmas) di Pelalawan secara gratis," katanya.

Kemudian, lanjut kata dia, para peserta Jamkesda itu juga dapat dirujuk ke jenjang rumah sakit umum milik pemerintah di Pelalawan dan di Pekanbaru yang kelasnya lebih tinggi. "Program Jamkesda Pelalawan direkomendasikan untuk terus berjalan hingga tahun 2017 mendatang," katanya.(Ant)
Apon Hadiwijaya


Loading...
BERITA LAINNYA