Camat Dikuasakan Kadis Pasar Pekanbaru Kelola Pasar Ramadhan

Selasa, 10 Juni 2014 - 11:28:22 wib | Dibaca: 1911 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru-Kepala Dinas Pasar (Dispas) Kota Pekanbaru mengatakan pengelolaan pasar Ramadhan memasuki bulan puasa ini akan diserahkan kepada camat setempat.

"Kami saat ini tidak menangani pasar yang biasa dilakukan setiap bulan puasa, tapi tetap tanggung jawab camat setempat," kata Kepala Dinas Pasar Pemkot Pekanbaru Sadri di Pekanbaru, Selasa.

Sadri mengatakan pihaknya banyak mendapatkan laporan dari warga bahwa saat ini banyak permintaan penduduk memasarkan aneka kuliner pada kawasan tertentu.

Sedangkan warga pada umumnya berjualan di tanah lapang yang tidak digunakan tanpa ada pihak yang dianggap bertanggung jawab bila terjadi suatu masalah.

Menghadapi bulan Ramadhan penduduk setempat banyak yang berjualan namun mereka enggan di pasar tradisional karena letaknya jauh dari pemukiman.

Untuk mengatasi masalah tersebut, katanya, pihaknya tidak menangani pasar selama Ramadhan yang dikelola oleh masing-masing RW itu tapi diserahkan sepenuhnya kepada camat.

Pengelolaan itu menyangkut masalah keamanan, serta pengunaan lahan berupa tanah lapangan yang biasanya milik pengembang belum dibangun perumahan.

Menyangkut retribusi maupun kebersihan pasar itu selama Ramadhan adalah tanggung jawab camat masing-masing.

Pada Ramadhan tahun 2013, hampir tiap kecamatan di Kota Pekanbaru berdiri pasar kuliner seperti di Rumbai, Marpoyan Damai, Sukajadi, Bukit Raya, Rumbai Pesisir.

Bahkan pasar serupa juga berdiri di Kecamatan Tampan, Sail, Senapelan, Tenayan Raya, Tangkerang maupun Payung Sekaki.

"Pada prinsipnya penyerahan kewenangan itu untuk membantu warga agar mereka dapat memasarkan aneka barang dan kuliner selama bulan puasa"kata Sadri.(Ant)


Loading...
BERITA LAINNYA