HUT Pramuka Ke 53 Jangan Hanya Menjadi Kegiatan Seremonial Belaka

Senin, 18 Agustus 2014 - 09:52:17 wib | Dibaca: 1800 kali 

Gagasanriau.com Tembilahan-Peringatan Hari Pramuka ke 53 tahun 2014 diharapkan tidak hanya menjadi seremonial belaka, namun harus ada langkah nyata dari Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam menerapkan tema nasional hari yakni ‘Memantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi’.

“Peringatan Hari Pramuka ke-53 ini jangan hanya menjadi kegiatan pramuka, namun Pemkab Inhil harus melakukan tindakan jelas melalui kwartir cabang gerakan pramuka Inhil dalam mengembangkan pramuka, terutama dalam mengimplementasikan undang-undang pemerintah yang termasuk dalam kurikulum 2013 bahwa gerakan pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib dan menjadi pelajaran muatan lokal disetiap sekolah di semua tingkatan,” kata Hidayat Hamid, Spdi, Pembina Pramuka gudep 003-004 STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.

Menurutnya, saat ini masih ada beberapa sekolah di Kabupaten Inhil yang tidak aktif dalam kegiatan ke Pramuka-an. Ini yang harus menjadi perhatian penting dari Kwartir cabang gerakan Pramuka Inhil untuk memberikan pemahaman dan pembinaan agar setiap sekolah bisa mengikuti kegiatan kepramukaan.

“Jangan sampai program tinggal program tanpa realisasi yang jelas. Sebelumnya di zaman Bupati Indra Mukhlis Adnan telah dilakukan pencanangan menjadikan Kabupaten Inhil sebagai Kabupaten Pramuka, sayang sudah delapan tahun tidak terlihat gerakan tersebut sampai ke gugus depan,” katanya.

Selain itu, Hidayat Hamid juga berharap kedepannya pada peringatan Hari Pramuka di Kabupaten Inhil, selain adanya Reward/penghargaan untuk para pembina, juga ada penghargaan untuk peserta didik, seperti Penghargaan Pramuka Garuda yang menjadi penghargaan tertinggi bagi peserta didik guna memotivasi mereka agar lebih aktif latihan di gudepnya masing-masing.

“Di Pramuka Inhil sudah 13 tahun tidak pernah ada penghargaan bagi peserta didik tersebut. Kalaupun tentang pemberian penghargaan dikembalikan kepihak sekolah, seharusnya ada komunikasi aktif dari Kwartir Cabang kepada pihak sekolah karena selama ini hal tersebut tidak berjalan,” ujar Hidayat Hamid yang juga merupakan Wakil Ketua KNPI Inhil.

Ragil Hadiwibowo


Loading...
BERITA LAINNYA