September Ini, Dinkes Inhil Kembali Lakukan POMP Filariasis Tahap Tig

Selasa, 02 September 2014 - 09:43:39 wib | Dibaca: 1896 kali 

Gagasanriau.com Tembilahan-Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali melakukan Pemberian Obat Massal Pencegah (POMP)  Filariasis tahap ketiga kepada masyarakat.

“POMP Filariasis rencana akan kami berikan kepada masyarakat pada September hingga Oktober mendatang,”papar Kadiskes Inhil Alvi Furwanti Alwie. Selasa (2/9/14).

Ia juga mengatakan bahwa pemberian POMP Filariasis ini sudah dimulai sejak 2012 lalu dan ini merupakan tahapan yang ketiga yang diberikan kepada masyarakat secara gratis.

“Pada tahap pertama dan kedua telah selesai dan melebihi target,” sebut mantan Kepala BAPPEDA Inhil ini. Untuk diketahui, upaya membebaskan warga dari penyakit Filariasis atau kaki gajah ini sangat serius dilakukan oleh Pemkab Inhil.

Dimana, selain memberikan obat secara gratis, Pemkab Inhil juga mencanangkan pengobatan berlangsung selama lima tahun. Langkah itu dimaksudkan, untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit berbahaya tersebut.

“Mengatasi penyakit ini cukup dengan melakukan tindakan pencegahan, yakni meminum obat Filariasis sekali saja dalam satu tahun, dan dilakukan selama lima tahun. Insya Allah akan terbebas dari filariasis,” terangnya.

Ragil Hadiwibowo


Loading...
BERITA LAINNYA