Wabup Kabupaten Kepulauan Meranti Ikuti Temu Nasional DPD RI

Kamis, 09 Oktober 2014 - 11:07:51 wib | Dibaca: 1692 kali 

Gagasanriau.com Selat Panjang-Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Masrul Kasmy MSi, menghadiri temu nasional Pemerintah Daerah bersama Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di Gedung Nusantara V Komplek DPR RI, Jakarta, Kamis (9/10/2014). Pertemuan itu membahas transformasi masyarakat nelayan.

"Sebagai daerah Kepulauan yang sebagian besar wilayah kita adalah lautan, pertemuan ini menjadi sangat penting bagi Pemkab Kepulauan Meranti, terutama dalam upaya memberdayakan masyarakat nelayan tradisional menjadi modern," kata Masrul, saat dihubungi wartawan lewat selulernya, Kamis siang (9/10/2014).

Dikatakan Wabup, melalui kegiatan temu nasional itu, DPD RI menunjukkan perhatian terhadap upaya transformasi nelayan nasional menjadi nelayan modern. Pertemuan yang dibuka oleh Ketua DPD RI, Irman Gusman, menghadirkan sejumlah narasumber pakar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan pelaku usaha dari Norwegia.

"Alhamdulillah Pemerintah Pusat, khususnya lembaga DPD RI sangat menaruh perhatian tentang bagaimana mengubah kultur masyakarat nelayan di Indonesia. Hal ini tentunya akan memudahkan Pemkab Kepulauan Meranti dalam sharing program meningkatkan kapasitas masyarakat nelayan di daerah kita," ucapnya.

Menurut Masrul, untuk menyukseskan transformasi nelayan itu, memang diperlukan intervensi Pemerintah melalui program-program yang berkelanjutan. Tidak hanya dalam bentuk proyek kegiatan penyuluhan, namun juga dalam mendukung pembangunan sarana dan prasarana Kelautan dan Perikanan.

"Temu nasional ini dilakukan dengan sistem dialog, sehingga para senator di lembaga DPD RI juga dapat menyerap langsung permasalahan yang ada di masing-masing daerah. Kita berharap kedepannya DPD RI dapat memperjuangkan modal usaha dan peningkatan teknologi nelayan, terutama di Kepulauan Meranti," tutupnya.

Defriyanto


Loading...
BERITA LAINNYA