Sambut Jemaah Haji Plt Gubernur Riau: Makna Haji Mabrur Adalah Memberi Makan Yang lain

Ahad, 12 Oktober 2014 - 03:41:58 wib | Dibaca: 1780 kali 

Gagasanriau.com Batam-Saat menyambut jemaah haji di Pulau Batam Pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman mengdoakan agar para jemaah menjadi haji yang mabrur dan berharap agar selalu menebarkan nilai-nilai kebaikan dan menebarkan kedamaian bagi umat Tuhan.

Demikian disampaikannya saat menyambut langsung 447 orang jamaah haji Kelompok Terbang dua Debarkasi Batam, di Asrama Haji Batam, Sabtu (11/10/2014).

Kloter dua Debarkasi Batam merupakan rombongan pertama haji dari Provinsi Riau yang terdiri dari 300 jamaah haji asal Kota Pekanbaru dan 137 jamaah haji asal Kuantan Sengingi.

"Haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah surga. Makna haji yang mabrur adalah memberi makan yang lain dan menebarkan salam sebagaimana hadist Nabi," kata Arsyadjuliandi Sabtu (11/10/2014)dilansir dari antara.

Namun, artian makan bukan secara harafiah melainkan sebagai simbol kesejahteraan. Maka haji yang mabrur adalah siap membantu orang lain.

"Haji mabrur juga bermakna mau menebarkan salam. Maknnya adalah mau menebarkan keselamatan dan kedamaian di muka bumi," kata dia.

Ketua Kloter dua Debarkasi Batam Junaidi Bin Muhammad Zein mengatakan pada masa keberangkatan Kloter 2 BTH berjumlah 445 jamaah dan saat kembali ke Tanah Air berjumlah 447 karena terdapat dua jamaah yang dimutasi masuk dari Kloter delapan.

Semua jamaah pulang dalam kondisi nisbi sehat.

"Seluruh rangkaian ibadah haji dapat kami laksanakan dengan baik termasuk puncak haji wukuf di Arafah. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas Kloter yang telah bekerja sama dengan baik," tuturnya.

Ketua Panitia Pelaksana Ibadah Haji Debarkasi Batam Marwin mengatakan setiap jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci melalui Embarkasi Batam akan memperoleh kenang-kenangan berupa sertifikat dari Kementerian Agama RI.

Seluruh jamaah hadi dari Riau akan menginap sehari di Asrama Haji Batam sebelum kembali ke daerahnya masing-masing.

Diaz Bagus Amandha


Loading...
BERITA LAINNYA