Pejabat Penghubung KY Riau Hari Ini Dilantik

Kamis, 16 Oktober 2014 - 06:11:42 wib | Dibaca: 2015 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru-Empat pejabat penghubung Komisi Yudisial (KY) dari Provinsi Riau hari ini dilantik dari pejabat pusat, keempat orang ini akan bertugas sebagai penghubung lembaga pengawas hakim untuk Wilayah Provinsi pelantikan sendiri dilakukan Lantai Dasar Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (UIR).

Hotman Parulian Siahaan selaku koordinator penghubung KY didampingi oleh tiga orang asisten terdiri Darwin, Yofika Pratiwi Saragih, dan Dwi Susanti.

Mereka dilantik langsung oleh Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Komisi Yudisial, Imam Ansori Saleh.

Imam Ansori Saleh mengatakan, penghubung Komisi Yudisial (KY) diharapkan mampu memetakan kondisi pengadilan di wilayah Riau untuk mengetahui kondisi riil proses peradilan, selain menerima laporan pengaduan dari masyarakat.

Dipaparkan juga oleh Imam, pemetaan tersebut merupakan bagian dari upaya Penghubung KY dalam mengumpulkan informasi di lapangan, atau tidak hanya bergantung pada laporan masyarakat.

Pemetaan kata dia dapat dilakukan dengan cara memotret kondisi dan situasi di lingkup pengadilan, mulai dari gedung dan letak ruangan, karena sangat berpengaruh terhadap netralitas dan independensi hakim.

"Walau hakim memiliki wewenang yang besar namun baik tidaknya suatu proses peradilan tidak hanya bergantung dari sosok hakim," katanya.

Kondisi dan situasi lingkungan peradilan menurut dia juga memiliki andil besar dalam proses tersebut.

Menurut dia, selain pemetaan dan menerima laporan masyarakat, tugas awal yang tak kalah penting adalah mensosialisasikan Penghubung KY ke masyarakat.

Tidak hanya untuk mengenalkan lembaga pengawasan hakim tersebut, menurut dia namun juga tata cara pelaporan, karena selama ini persepsi masyarakat seringkali menganggap KY merupakan lembaga peradilan atau lembaga untuk menempuh upaya hukum lain.

Acara pelantikan Penghubung KY Wilayah Riau juga dihadiri sejumlah pejabat mewakili Kapolda Riau, Ketua Pengadilan Tinggi dan Rektor Universitas Islam Riau serta lainnya demikian dilansir dari antara.

Diaz Bagus Amandha


Loading...
BERITA LAINNYA