Mantap Masyarakat Desa Bagan Batu Bangun Jalan Secara Swadaya

Jumat, 31 Oktober 2014 - 08:51:50 wib | Dibaca: 2621 kali 

Gagasanriau.com Bagan Batu-Tak kunjung adanya perhatian dari pemerintah melalui instansi terkait akan kerusakan jalan Ahmad Yani yang terletak di perbatasan antara Kelurahan Bagan Batu Kota, dan Kepenghuluan/Desa Bagan Batu, menjadikan perangkat dari kedua daerah tersebut, bekerja sama untuk melakukan gotong royong (Goro) untuk memperbaiki jalan dan merupakan bagian dari jalan ekonomi masyarakat setempat, dengan memakai dana dari swadaya masyarakat.

Datuk Penghulu/Kepala Desa Bagan Batu, H Mukhtar Waslin ketika dijumpai Gagasanriau.com, Jumat (31/10) didalam kegiatan itu mengatakan, pelaksanaan Goro yang dilakukan oleh pihaknya yang bekerjasama dengan pihak kelurahan Bagan Batu Kota, berdasarkan dari hasil musyawarah dan mufakat yang telah disetujui oleh mereka.

Akan tetapi, bahan material dipakai untuk memperbaiki jalan itu, tidak ada dari Pemkab Rohil ataupun dari instansi terkait. "Ya, semua material yang kita gunakan untuk jalan ini, berasal dari dana swadaya dari warga masyarakat sekitar,"katanya.

Kerusakan jalan tersebut kata dia lagi, itu sudah berlangsung lama, sehingga kerusakannya semakin parah dan tidak pernah tersentuh perbaikan sama sekali dari instansi terkait. Padahal lanjut Waslin lagi, jalan tersebut adalah merupakan akses terpenting bagi seluruh masyarakat Bagan Sinembah untuk dilalui menuju kebun mereka.

"Karena jalan ini merupakan penghubung dari beberapa kepenghuluan/desa lainnya yang ada di kecamatan Bagan Sinembah ini, jalan ini juga sangat berpengaruh bagi anak sekolah. Sebab, di jalan ini juga banyak terdapat sekolah. Sehingga siswa yang melalui akses jalan ini, tertatih tatih dibuat kerusakan yang menggerakkan kita untuk memperbaiki jalan ini," terang Waslin.

Jadi, dengan kegiatan Goro yang dilakukan oleh kedua perangkat desa beserta warganya masing masing, Waslin berharap, kiranya pemerintah kabupaten Rokan Hilir dapat memperhatikan jalan Ahmad Yani itu.

"Harapan saya kiranya pemkab Rohil dapat meninjau jalan ini dan membangunnya kembali, sebab jalan ini adalah akses jalan terpenting," harapnya.

Adapun dalam kegiatan sosial itu, bukan hanya pihak kantor desa, kelurahan dan warga setempat yang turut andil memperbaiki jalan tersebut. Kegiatan gotong royong itu juga diikuti puluhan personil Komando Rayon Militer (Koramil) 08 Bagan Sinembah.

"Selain kita harus mengamankan daerah kita ini, kita juga harus andil dalam kegiatan yang sistemnya bermasyarakat. Karena, kita sebagai TNI wajib membantu masyarakat dimana kita berpijak," singkat Komandan Rayon Militer (Danramil) Bagan Sinembah-Simpang Kanan, Kapten Inf Syahnan.

Hermansyah


Loading...
BERITA LAINNYA