Terkait Konflik Tapal Batas, Bupati Rohil Minta Selesaikan Masalah Secara Arif dan Bijaksana

Sabtu, 22 November 2014 - 09:12:43 wib | Dibaca: 1873 kali 

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi-Menanggapi permasalahah tapal batas wilayah yang sangat rentan menimbulkan kerusuhan dan kericuhan antar sesama warga, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) meminta semua Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Desa, hingga tingkat Dusun, RW dan RT yang termasuk dalam aparatur pemerintahan wilayah, agar dapat menghindari pelimpahan masalah kepada kabupaten.

Demikian hal itu diungkapkan Bupati Rohil, H Suyatno AMP kepada gagasanriau.com, Sabtu (22/11) di Bagan Siapiapi. Dikatakannya, mereka memang sangat diminta harus mampu mengatasi dan menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul secara arif dan bijaksana.

"Para Camat yang sudah dilantik ataupun yang sudah lama menjabat bersama jajarannya, harus peka dan jeli didalam mencermati setiap permasalahan yang timbul. Sehingga kedepannya, setiap maslah itu tidak lagi dilimpahkan ke kabupaten untuk diselesaikan," kata Suyatno.

Menurut mantan Camat Bagan Sinembah itu, setiap permasalahan yang timbul tambah harus dapat diselesaikan secara arif dan bijaksana dengan mengedepankan koordinasi dan bermusyawarah guna mencari kata sepakat.

"Itu sangat penting dan yang lebih penting lagi adalah hindari pelimpahan masalah kepada atasan. Alangkah baiknya bila ada masalah segera selesaikan sesuai ketentuan yang berlaku," terangnya.

Masih kata Suyatno, permasalahan yang sangat dan yang sampai saat ini sering terjadi adalah kegiatan jual beli lahan. Dan itu sebutnya lagi, harus diperhatikan oleh aparatur kecamatan, desa, kelurah, dusun sampai RT dan RW. "Kalau masalah jual beli lahan itu, tidak mungkin tidak akan ada masalah," jelasnya.

Adapun Suyatno menekankan kepda aparatur pemerintaha tersebut ialah, pabila ditemukan ada masalah sepperti tidak selesai selesai sehingga melibatkan pihak kabupaten, makan tidak akan ada kata lain selain menempuh jalur hukum. "Kalau memang hal itu terjadi, maka kami tidak segan-segan untuk menindaklanjutinya dan menyelesaikannya lewat jalur hukum," tegasnya.

Hermansyah


Loading...
BERITA LAINNYA