Pemkab Rohil Daerah Potensial Pertanian Dan Peternakan

Kamis, 04 September 2014 - 08:50:11 wib | Dibaca: 1911 kali 

Gagasanriau.com Bagansiapiapi-Menurut Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Kepenghuluan Rajabejamu ternyata termasuk salah satu daerah sentra produksi bagi wilayah Kecamatan Sinaboi.

Karena, Kepenghuluan Rajabejamu tersebut sangat berpotensi di sektor pertanian tanaman pangan maupun peternakan. Berkaitan dengan itu, diharapkan semua daerah sentra sangat perlu untuk diperhatikan oleh instansi terkait.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Rohil Drs H Surya Arfan MSi, Kamis (4/9) di Bagansiapi-api.

‘’Kita sharing saja. Di mana, kita di Badan Ketahanan Pangan itu sifatnya hanya sebagai pembina saja. Makanya, daerah-daerah sentra produksi yang memiliki potensi itu perlu terus untuk dibina dan ditingkatkan serta dipertahankan,’’ kata Surya Arfan.

Potensi daerah sentra produksi itu, tambah Surya Arfan, bisa dikembangkan mengikuti program lain. Di antaranya bisa mengikuti program rumah pangan lestari (RPL) dan program kampung iklim (Proklim).

Malahan, di Kabupaten Rohil ini ada lima daerah yang sudah diajukan untuk mengikuti penilaian Proklim itu. Yakni Kepenghuluan Bantaiyanbaru, Kecamatan Batuhampar, Kepenghuluan Pematangsikek dan Kepenghuluan Serembanjaya Kecamatan Rimbamelintang, Kepenghuluan Seimanasib dan UPT N12 Sungaimanasib Kecamatan Bangko.

Selain itu, lanjut Surya Arfan, daerah sentra produksi lainnya seperti Kepenghuluan Rajabejamu, Kecamatan Sinaboi juga memiliki potensi yang layak untuk dikembangkan dan diperhitungkan. Karena, Kepenghuluan Rajabejamu sangat berpotensi di sektor pertanian dan peternakan.

‘’Kita lihat ternak hewan besar di Kepenghuluan Rajabejamu seperti sapi sangat bagus. Hal-hal seperti ini sangat perlu untuk terus dibina oleh instansi terakit,’’ kata Surya Arfan.

Di antaranya, tambah Surya Arfan, bila potensinya dikembamgkan dengan program RPL dan Proklim, maka segera ditangani oleh Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah.

Sedangkan untuk mengoptimalkan potensi di sektor pertanian dan peternakan, maka segera ditangani oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rohil.

‘’Jadi, kita hanya sharing dan melakukan pembinaan saja. Intinya untuk mengoptimalkan semua potensi yang afa di daerah, perlu dilakukan secara terkoordinasi di semua lini,’’ kata Surya Arfan.

Hermansyah

Loading...
BERITA LAINNYA