Sukseskan Tanam Pohon Satu Miliar, Pemkab Rohil Ajak Warga Tanam Pohon

Rabu, 17 Desember 2014 - 07:41:10 wib | Dibaca: 1742 kali 

Gagasanriau.com Bagan Siapiapi-Guna memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2014, Selasa (16/17) kemarin di bundaran Pedamaran, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menanam pohon secara simbolis yang dilakukan oleh Wakil Bupati Erianda didampingi oleh ketua DPRD Rohil, Nasrudin Hasan, Ketua TP PKK Rokan Hilir, Hj Wan Mardiana Suyatno, dan Kepala Dinas Kehutanan Rahmatul Zamri beserta para pejabat Pemkab Rohil lainnya.

Erianda Dalam sambutan tertulis Menteri Kehutanan RI, Siti Nurbaya menjelskan, peringatan ini bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan di seluruh Indonesia.

"Penanaman satu miliar pohon ini sudah menjadi sebuah gerakan masyarakat yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Saya meminta kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia termasuk Rohil agar sama sama kita menjaga, serta merawat pohon yang kita tanam,"kata Erianda membacakan sambutan Kemenhut RI itu.

Tema Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2014 adalah ?Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan?. Pemilihan tema ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat ikut membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik sekaligus menyediakan bahan baku bagi industri kehutanan dan menyerap karbon dioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim.

Menteri juga mengungkapkan, berkaitan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka urusan Pemerintah adalah pada perencanaan hutan dan pengawasan. Sedangkan urusan yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan dilaksanakan oleh pemerintah provinsi adalah pengelolaan hutan, konservasi sumberdaya alam hutan, pendidikan dan pelatihan, penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kehutanan dan pengelolaan daerah aliran sungai.

Adapun urusan yang berada di bupati/walikota adalah pelaksanaan pengelolaan Taman Hutan Raya di kabupaten/kota. Dengan demikian diharapkan bantuan para gubernur agar urusan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah, antar gubernur, maupun dengan bupati/walikota.

Dikesempatan yang sama, Kadishut Rohil, Rahmatul Zamri mengatakan, Pemkab menyediakan bibit kayu kayuan dan buah buahan sebanyak 96.955 batang yang akan disebarkan di seluruh kecamatan di Rohil di Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Sebab menurutnya, kegiatan tersebut memang harus dilakukan guna mendukung dan mensukseskan gerakan Tanam 1 Miliar Pohon.

"Mudah mudahan apa yang kita lakukan, menjadi manfaat untuk kita sendiri. karena keindahan alam itu tergantung pada alamnya. Dengan adanya pohon-pohon yang kita tanam akan menguragi dampak abrasi. Tidak hanya mencegah abrasi, bahkan menguragi polusi alam yang kurang baik,"tukasnya.

Hermansyah


Loading...
BERITA LAINNYA