Masalah Pemasungan, Dinkes Inhil Beri Pelatihan Dokter dan Perawat

Sabtu, 17 Januari 2015 - 12:41:32 wib | Dibaca: 1764 kali 

Gagasanriau.com Tembilahan - Mengantisipasi meningkatnya jumlah warga yang mengalami gangguan jiwa pada 2015, Dinas Kesehatan (Dinkes) Indragiri Hilir (Inhil) akan melakukan pelatihan khusus kepada dokter dan perawat ke Rumah Sakit Tampan Pekanbaru dan memberikan obat-obatan kepada mereka yang di pasung.

"Kita akan memberikan pelajaran langsung kepada dokter dan perawat puskesmas ke Pekanbaru serta kita akan memberikan obat-obatan dari Menkes kepada mereka," kata Kadinkes Inhil, Alvi Furwanti Alwi melalui Kasi Kesehatan, Devi Natalia.

Pendistribusian obat-obatan untuk mereka yang mengalami gangguan kejiwaan ini masih sangat rendah, namun Devi yakin pada Febuari mendatang seluruh obat-obatan tersebut sudah terdistribusi keseluruh puskesmas. "Dari 27 puskesmas yang ada di Inhil, baru 3 puskesmas yang ambil obat. Tapi pada Febuari pasti mereka ambil," sebutnya.

Yang jelas, katanya, pihaknya telah melakukan pemberitahuan kepada seluruh puskesmas yang ada di Inhil. Devi menargetkan, tahun 2017 mendatang tidak ada lagi namanya pasung di Inhil. Jadi untuk itu ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaporkan warga mereka yang dipasung.

"Masyarakat bisa memberitahu ke puskesmas dan dinas nanti akan ditangani dan kita beri obat-obatan," pungkas Devi.

Reporter Ragil Hadiwibowo


Loading...
BERITA LAINNYA