PT Duta Palma Nusantara Gunakan Kepolisian Adu Warga

Ahad, 22 Februari 2015 - 03:03:41 wib | Dibaca: 2219 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru-PT. Duta Palma Nusantara dengan mengerahkan pihak kepolisian obrak-abrik warga desa, hingga menyebabkan seorang aparat terluka parah akibat luka bacok karena amuk warga.

Polisi bernama Iptu Loren Simanjuntak, luka bacok oleh seorang warga Desa Sencalang, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bernama Birek pemilik lahan di areal kebun kelapa sawit dan diklaim PT Panca Agro Lestari (PAL) grup PT Duta Palma, Kamis (19/2/15) sore kemarin.

Bentrokan antara warga dengan anggota polisi Polres Inhu, ini dipicu terjadinya sengketa lahan antara PT PAL dengan warga desa Sencalang. Dimana warga tidak terima lahan yang saat ini dikuasai dan ditanami kelapa sawit diserobot PT PAL karena perusahaan ini diketahui hanya memiliki ?ijin lokasi yang sudah Kadaluarsa.

Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo karena mendapat laporan PT. PAL dengan tuduhan penjarahan, menurunkan 100 personel gabungan Polres dan Polsek di wilayah hukum Polres Inhu, untuk mengintimidasi warga desa dimana lahan tersebut diklaim perusahaan.

Kapolres Inhu AKBP. Ari Wibowo mengaku operasi penggerebekan terhadap Birek Cs dilakukan karena adanya laporan dari perusahaan PT PAL dengan tuduhan penjarahan kelapa sawit yang dilakukan oleh warga. Atas laporan tersebut, aparat kepolisian diturunkan untuk memgintimidasi warga desa.

"Sudah sering kami mendapat laporan dari perusahaan tentang penjarahan yang dilakukan warga, dan juga sudah pernah ada pelaku yang kami tangkap. Namun pada saat dilimpahkan ke pihak kejaksaan, kasus tersebut selalu mendapat penolakan oleh kejaksaan karena pihak PT PAL tidak melengkapi laporan mereka dengan dokumen terkait kepemilikan lahan,"kata Kapolres.

Editor Brury MP sumber riauterkini


Loading...
BERITA LAINNYA