Zulher Kadisbun Riau Bela Perusahaan Katakan Perusahaan Tidak Ada Bakar Lahan

Kamis, 05 Maret 2015 - 10:21:28 wib | Dibaca: 1776 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru-Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulher menyatakan tidak ada perusahaan perkebunan yang membakar lahan sehingga diminta kepada berbagai pihak untuk tidak terlalu memojokkan.

"Jangan dipojokkan perusahaan karena tak ada satu pun perusahaan yang bakar kebun. Memang ada kebakaran di konsesi perusahaan, tapi itu di luar Hak Guna Usaha (HGU)," kata Kepala Disbun Riau, Zulher di Pekanbaru, Kamis.

Hal itu dikatakannya saat penandatanganan kerjasama PT Bhumireksa Nusa Sejati dengan Universitas Riau dalam mengantisipasi kebakaran lahan. Dalam kesempatan itu juga digelar diskusi panel dengan pembicara dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan beberapa akademisi terkait karhutla.

Meskipun begitu, dia mengakui bahwa memang ada persoalan antara masyarakat dengan perusahaan. Dia mencontohkan kebakaran terjadi di Tembilahan berjarak 100 meter dari perusahaan.

Pada saat itu, lanjut dia, masyarakat menuding itu disebabkan oleh perusahaan. Bahkan para petani setempat membawa parang sehingga menimbulkan ketegangan.

"Akhirnya dengan pendekatan kekeluargaan itu bisa diatasi bahkan bersama-sama memadamkan api. Kebakaran terjadi di konsesi perusahaan, tapi itu di luar HGU mereka," katanya.

Saat ini di Riau, kata dia, dari 384 perusahaan, 12 diantaranya sudah memiliki sumber daya manusia dan peralatan yang mencukupi untuk mencegah karhutla. Salah satunya, sebut dia, termasuk PT BNS yang merupakan bagian dari Grup Minamas Plantation.

Editor Brury MP sumber antara


Loading...
BERITA LAINNYA