Warga Cemas Turap Danau Baru Ambruk, Kadis Cipta Karya Riau Tak Tahu

Kamis, 19 Maret 2015 - 02:35:54 wib | Dibaca: 1873 kali 

Gagasanriau.com Pekanbaru-Kepala Dinas Cipta Karya Riau Muhammad MT mengaku belum menerima laporan warga terkait amblasnya turap di Danau Baru Indragiri Hulu.

“Saya belum tahu masalah itu, nanti saya cek ke staff saya dulu,” katanya, Rabu (18/3). Muhammad berjanji akan segera meninjau turap tersebut. “Saat ini cuaca ekstrim menyebabkan abrasi terjadi di beberapa daerah juga, nanti kita akan tinjau ulang. Kita cari tahu juga penyebabnya,”katanya.

Dikatakannya, untuk perbaikan tersebut ia akan menanyakan langsung ke Pemerintah Kabupaten Inhu terkait informasi yang baru ia ketahui tersebut. “Kita koordinasi juga dengan pemerintah kabupatennya, kita pelajari bersama sehingga kita tahu penyebabnya,” tegasnya.

Sebelumnya, Warga mengeluhkan bangunan turap Danau Baru di Kecamatan Rengat Barat yang kini terancam ambruk. Turap yang dibangun tahun 2013 oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau tersebut mulai retak dan bolong.

Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Riau diminta untuk memperbaikinya. Karena bila terus dibiarkan, maka turap sepanjang 50 meter tersebut dikhawatirkan amblas ke sungai dan badan jalan akan ambruk ke sungai.

Bukan hanya bangunan turap yang ambruk ke sungai, rumah warga di sepanjang turap juga terancam ambruk. Sebab jarak rumah penduduk dari bibir Sungai Indragiri hanya lima meter saja,"ujar mantan Kepala Desa Danau Baru, M. Riduan SE, Selasa (17/3/2015) kemarin.

Untuk itu, bangunan turap tersebut harus secepatnya diperbaiki. Sebab bila terus dibiarkan, maka turap yang dibangun dengan anggaran mencapai Rp6 miliar tersebut akan hancur.

Sementara warga Desa Danau Baru yang tinggal dekat bangunan turap, Anhar Inyatul juga meminta Dinas PU Riau untuk secepatnya memperbaiki bangunan turap itu, termasuk melanjutkan pembangunannya sampai 200 meter untuk mengantisipasi abrasi sungai. Karena setiap hari masyarakat sekitar sungai selalu kuatir, akibat bibir sungai yang terus longsor.

Warga berharap, kata M. Riduan, bupati H. Yopi Arianto bisa minta Dinas PU Riau untuk membangun turap sampai 200 meter, demi mengantisipasi badan jalan dan rumah penduduk tidak amlas ke Sungai Indragiri.

"Kita berharap bupati membantu memperjuangkan pembangunan turap 200 meter ke Dinas Pekerjaan Umum Riau, karena bila tidak dibangun badan jalan dan rumah penduduk akan amblas ke sungai,"tukasnya.

Reporter Dian


Loading...
BERITA LAINNYA