Bentuk Pelayanan Prima Puskesmas Bandar Seikijang Adakan USG Gratis Bagi Ibu Hamil

Senin, 13 April 2015 - 11:39:05 wib | Dibaca: 2393 kali 

Gagasanriau.com Pelelawan-Puskesmas Bandar Seikijang untuk meningkatkan program kesehatan ibu dan anak, terutamanya kepada ibu hamil, mengadakan pemeriksaan kehamilan (USG) gratis bekerjasama dengan produsen susu merk Lovamil.

Kepala Puskesmas Bandar Seikijang dr Andan Dewi kepada Gagasanriau.com mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (16/4) pagi merupakan wujud komitmen pihaknya menyukseskan Program Pelalawan Sehat.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin kita, untuk USG gratis ini kita laksanakan per enam bulan sekali.selain USG, ada juga senam ibu hamil yang kita adakan disini,"jelasnya. Lebih lanjut dikatakan Andan, banyak antusias masyarakat menyambut program kesehatan yang kita adakan, dapat dilihat dengan dipenuhinya halaman Puskesmas Bandar Seikijang oleh ibu ibu hamil untuk memeriksa kesehatan kandungannya.

"Disamping USG Gratis dan senam sehat ibu hamil, di lantai atas Puskesmas kita dilaksanakan penyuluhan tentang kesehatan, ibu ibu hamil dapat menerima penyuluhan dan dialog interaktif dengan narasumber kita, pada penyuluhan itu kita buat per sesi, satu sesi diikuti 20 orang, sehari ini kita jadwalkan 5 sesi. Karena lebih kurang 100 orang sudah mendaftar" lanjutnya

Diterangkan Andan, tujuan dari kegiatan itu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mewngenai pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil agar bayi yang di kandungnya mendapat asupan gizi yang cukup serta terjaga kesehatannya.

"Sejak dini kita beri pendidikan kepada ibu ibu hamil betapa pentingnya menjaga kehamilan, dengan adanya edukasi itu proses persalinan nanti juga akan berjalan lancar," tegasnya Pada penyuluhan yang dilaksanakan pada kesempatan itu, ibu ibu hamil dianjurkan untuk melakukan proses persalinan di bidan atau tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas dan Puskesmas, agar prosesnya dapat dipertanggung jawabkan.

"Kita menganjurkan mereka untuk melahirkan pada bidan dan perawat, bukan pada dukun kampung, tujuan kita kan untuk menghindari resiko kematian bayi dan ibu melahirkan,walaupun sejak beberapa tahun terakhir tidak di temukan kasus kematian ibu melahirkan di Kecamatan Bandar Seikijang, tetapi edukasi tetap kita lakukan,"sambungnya.

"Seperti ada dua kasus kita temukan tadi, dua orang ibu ibu yang ketika berurut di dukung kampung dinyatakan positif hamiln dan memang perutnya tampak membuncit, tapi ketika di USG hasilnya negatif, pasien tersebut kita rujuk ke RSUD Selasih, karena kasus seperti ini bisa saja adanya cairan di kandungan atau indikasi kista, ini perlu pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Selasih,"bebernya.

Andan mengatakan bahwa kegiatan yang diagendanya per enam bulan itu dapat dimanfaatkan masyarakat untuk Pemeriksaan dan konsultasi. "Tujuan utamanya untuk melayani masyarakat, dan diharapkan pada ibu ibu hamil dapat memanfaatkan moment ini sebaiknya untuk kesehatan mereka,"harapnya.

Reporter Apon Hadiwijaya Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA