Di Inhil Terdapat 72 ODGJ, Dinkes Giat Lakukan Sosialisasi

Rabu, 15 April 2015 - 03:51:54 wib | Dibaca: 1468 kali 

Gagasanriau.com Tembilahan-Di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tercatat ada sebanyak 72 kasus pemasungan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Inhil, melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Khusus, Devi Natalia kepada Gagasanriau.com Selasa (15/4/2015).

"Kita mencatat ada sebanyak 72 kasus pemasungan terhadap ODGD. Alhamdulillah dari 72 tersebut 2 sudah bebas pasung dan 1 direhabilitasi di Pekanbaru," sebut Devi. Devi mengungkapkan ada berbagai pasung yang dijumpainya ketika melakukan sosialisasi kedaerah dan langsung turun ke rumah OGDJ.

"Mulai dari pasung kayu, dirantai kaki, dirantai tangan, dirantai pinggang, dikurung kamar kecil, dikurung diluar rumah seperti kandang," sebutnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi ke 9 kecamatan yang ada di Inhil dan masih 11 kecamatan yang belum mereka sambangi.

"Kita 1 minggu 2 kali turun untuk lakukan sosialisasi kepada masyarakat dan bahkan langsung ke rumah ODGJ," terangnya. Selama kita turun, lanjutnya kembali, hanya dua kecamatan yang tidak terdapat ODGJ yakni Kecamatan Mandah dan Kecamatan Selensen.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pasung terhadap ODGJ, jika menemukannya silahkan laporkan ke Dinas Kesehatan dan atau ke puskesmas untuk ditangani lebih lanjut," pungkasnya.

Reporter Ragil Hadiwibowo Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA