Pemkab Inhil Maksimalkan Potensi Daerah untuk Tingkatkan PAD

Senin, 02 Februari 2015 - 12:41:20 wib | Dibaca: 1864 kali 

Gagasanriau.com Tembilahan-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) akan terus berupaya memaksimalkan potensi-potensi daerah yang ada di wilayah dengan hamparan perkebunan kelapa terluas di dunia ini.

Langkah tersebut dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dinilai hanya memberikan kontribusi cukup kecil, jika dibandingkan dengan penerimaan daerah dari pos lainnya.

Oleh karena itu, Wakil Bupati, H Rosman Malomo menyatakan bahwa saat ini Pemkab Inhil terus berusaha meningkatkan koordinasi antar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, guna menggali berbagai potensi pendapatan yang ada.

"Potensi-potensi yang digali itu diantaranya retribusi pelayanan kepelabuhan di 5 Kecamatan dan retribusi menara telekomunikasi di 20 Kecamatan, sesuai rencana program dan kegiatan di tahun 2015, yang akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo)," tutur Wabup Rosman.

Sedangkan melalui Dinas Pendapatan sendiri, lanjut Wabup Inhil dua periode ini, setiap tahun akan terus berusaha mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah terutama dari sektor pajak daerah dan retribusi daerah dengan kegiatan ekstensifikasi dan intensifikasi pajak dan retribusi daerah.

"Data potensi pajak daerah dan retribusi daerah setiap tahun terus diperbaharui dengan melakukan pendataan wajib pajak hingga ke desa-desa seperti potensi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) perdesaan dan perkotaan," tambahnya.

Selain itu, ke depan Pemkab Inhil melalui Dinas Pendapatan Daerah akan terus menggali potensi-potensi dari sektor pajak dan retribusi daerah yang akan meningkatkan penerimaan daerah terutama dari PAD.

"Kita terus menggali potensi dengan tetap memperhatikan beban sosial ekonomi masyarakat dengan cara meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat sampai tingkat desa, pemutakhiran data kembali, Peningkatan SDM dibidang pajak dan retribusi daerah serta meningkatkan pelayanan wajib pajak daerah dan retribusi daerah," imbuhnya.

Humas/Ragil Hadiwibowo


Loading...
BERITA LAINNYA