UN Tingkat SMP Sederajat Tahun Ini Harus Jujur dan Berprestasi

Sabtu, 02 Mei 2015 - 08:55:50 wib | Dibaca: 1886 kali 

Gagasanriau.com Bagan Sinembah- Sebanyak 3016 dari jumlah peserta yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) ditahun 2015 di Kecamatan Bagan Sinembah, diharapkan berlangsung jujur agar dapat menghasilkan siswa siswa yang berprestasi.

"Sebab dari sebanyak itu, semuanya adalah siswa siswa yang berpotensi untuk menjadi yang terbaik di sekolah masing masing. Jadi, sifat jujur yang harus dilakukan di UN nanti, bisa menjadi sarana pendukung untuk meningkatkan dan mendapatkan sertifikat nilai yang lebih baik dan berperestasi tentunya," ujar Kepal UPT BPS Disdik Bagan Sinembah, H Mus'ab SPd, Sabtu 2/5 di ruang kerjanya.

Memang nilai UN untuk tahun ini tidak menjadi penentu kelulusan siswa, akan tetapi hal itu tidak menjadi jaminan untuk mengikuti pendidikan di perguruan tinggi. "Kendati hal itu berlaku di tahun ini, tapi apa salahnya untuk berusaha menjadi yang lebih baik lagi agar menjadi siswa yang berperestasi dan penunjang untuk masuk di perguruan tinggi," kata Mus'ab lagi.

Lebih lanjut lagi Mus'ab mengatakan, apabila nilai murid rendah dan dinyatakan lulus oleh pihak sekolah tahun ini, namun tidak puas akan hasil nilai ujian itu, dipersilahkan untuk mengikuti ujian lagi tahun depan. "Akan tetapi, si anak tersebut, tidak mesti harus mengulang pelajaran dari awal. Terbalik halnya dengan yang tidak dinyatakan lulus, harus mengulang semua dari awal," terangnya

Adapun hasil tahun ini sebut Mus'ab lagi, akan digunakan untuk pemetaan pendidikan. "Artinya, hasil UN ini akan dijadikan bahan analisa jika ada mata pelajaran yang rendah. Kemudian Disdik akan menganalisa untuk dijadikan kebijakan seperti melakukan perbaikan," ujarnya.

Reporter Hermansyah Editor Arif Wahyudi


Loading...
BERITA LAINNYA