DKP Bengkalis Gelar Lomba Memasak

Selasa, 09 Juni 2015 - 11:41:09 wib | Dibaca: 1819 kali 

Gagasanriau.com Bengkalis - Dalam upaya meningkatkan konsumi ikan, khususnya ikan darat berjenis nila, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menggelar lomba masak serba ikan tingkat kabupaten Bengkalis, Selasa (09/06/2015).

Kegiatan yang merupakan bagian dari sosialisasi membiasakan makan ikan di tengah masyarakat itu dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis, Hj Romaini Herliyan.

Dalam sambutannya, Romaini mengatakan lomba masak menu ikan berbahan baku ikan nila diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempopulerkan ikan sebagai makanan bergizi tinggi, sehat dan berkualitas, sekaligus langkah kongkrit dalam menyukseskan Program Nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMAR IKAN).

"Dari berbagai penelitian, hasilnya ikan merupakan sumber nutrisi terbaik untuk kesehatan dan kecerdasan manusia. Konsumsi ikan yang optimum akan berpengaruh positif pada percepatan pertumbuhan dan peningkatan kecerdasan manusia", jelas Romaini.

Lebih jauh, istri Bupati Bengkalis ini mengatakan, perlu difahami bahwa GEMAR IKAN bukan sekedar memvariasikan menu makanan sehari-hari. Bukan pula sekedar menunjang kesehatan. Namun, lebih dari itu niat mulianya adalah membangun bangsa dan menyiapkan generasi yang cerdas dan berdaya saing.

Sebelum menutup sambutannya, Romaini himbau kepada DKP agar hasil dari perlombaan masak ikan ini nantinya seluruh menu dibukukan dan disebarkan ke kecamatan, ataupun desa-desa di Bengkalis.

Lomba masak menu ikan bertemakan "Ikan sumber gizi utama pada 1000 hari pertama kehidupan" tersebut dibagi dalam tiga kategori, yakni menu keluarga, menu kudapan, dan menu balita. Diikuti delapan kecamatan se-Kabupaten Bengkalis dengan juri selain dari Chef tata boga juga dari Ahli Gizi Dinas Kesehatan dan TP. PKK Kabupaten Bengkalis.

Selain Ketua TP. PKK Bengkalis Hj. Romaini Herliyan tampak hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis Hj Gustina Yanti Burhanuddin, Pengurus GOW dan Himpaudi Bengkalis, pengurus Forikan, kelompok pengelola perikanan, dan pengurus TP. PKK kecamatan se-kabupaten Bengkalis.

Reporter Mirzal Aprliando


Loading...
BERITA LAINNYA