Halal Bi Halal Pemkab Bengkalis Berlangsung Hikmad

Rabu, 29 Juli 2015 - 10:25:48 wib | Dibaca: 1843 kali 

Gagasanriau.com Bengkalis – Penyelenggaraan halal bi halal, sempena Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah yang ditaja oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkalis, berlangsung hikmad dan penuh nuansa kekeluarga.

Acara halal bi halal yang digelar di Gedung LAMR Bengkalis menghadirkan penceramah dari negeri jiran Singapura, kelahiran Desa Senggoro, Bengkalis, Windu Wijaya. Dalam ceramahnya, ustadz yang sudah 25 tahun menetap di Singapura ini, menegaskan tentang hikmah yang harus dipetik dari Hari Raya Idul Fitri, yaitu setelah satu bulan melaksanakan menahan hawa nafsu dalam menjalanan ibadah puasa, maka umat Islam ke fitrah layaknya seorang bayi yang baru lahir.

Dikatakan Ustadz Windu Wijaya, untuk itu tiga pelajaran yang dapat dipetik dari seorang bayi, pertama memilih makanan. Artinya, setelah menjalani ibadah puasa, hendaknya umat Islam dapat mengambil tarbiyah Ramadhan, agar selalu memilih yang halal. Kedua, bicara bayi tidak pernah menyinggung, begitu juga dengan umat Islam agar setiap tutur katanya tidak pernah membuat fitnah dan menyesatkan orang lain. Sedangkan pelajar ketiga dari bayi adalah, sikap dan perbuatannya selalu menyenangkan orang di sekitarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis Herliyan mengucapkan taqabalallahu minna waminkum shiyamana washiyamakum, selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijiryah, minal ‘aidhin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga momentum idul fitri ini hendaknya mampu memperkokoh ikatan silaturahim.

“Saya berharap halal bi halal yang diselenggarakan menjadi sebagai wahana untuk intropeksi dan evaluasi diri, supaya kita dapat mengetahui apakah ramadhan membawa perubahan ke arah yang lebih baik, atau sebaliknya,” ujarnya.

Herliyan juga mengajak umat Islam di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis untuk mempertahankan nilai-nilai universalRamadhan, dalam kehidupan sehari-hari, guna menata dan menapak kehidupan yang lebih baik, demi kemajuan Kabupaten Bengkalis ini.

Pada akhir acara digelar salam-salaman seluruh undangan dengan Bupati Bengkalis, Wakil Bupati, Ketua DPRD Bengkalis, anggota Forkompinda Kabupaten Bengkalis.

Reporter Mirzal Apriliando


Loading...
BERITA LAINNYA