Datuk Al Azhar Kukuhkan Pengurus LAM Rohil

Kamis, 24 Maret 2016 - 15:21:21 wib | Dibaca: 3279 kali 
Datuk Al Azhar Kukuhkan Pengurus LAM Rohil
Datuk Al Azhar Kukuhkan Pengurus LAM Rohil

GagasanRiau.Com Bagansiapiapi - Jajaran Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Rokan Hilir  resmi di kukuhkan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Datuk Al Azhar.

Bertempat di Gedung Serbaguna, Rabu (23/3/2016) malam, pengukuhan pengurus LAM Rohil turut dihadiri Wakil Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Erianda SE, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Oka Nizamil, Kepala Dinas atau Badan di lingkungan Pemerintah Rohil.

Prosesi pelantikan pengurus LAM Riau Kabupaten Rohil berjalan khidmat dengan nuansa Melayu yang kental, dengan diawali dengan pembacaan surat keputusan pengukuhan pengurus LAM Rohil oleh Sekretaris LAM Riau.

Kemudian dilaksanakan pengukuhan serta dilanjutkan pemasangan tanjak, keris dan selempang kepada Ketua Dewan Kehormatan (DK) LAM Riau Kabupaten Rohil Drs H Surya Arfan, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Kabupaten Rohil Marzuki dan Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Rasid Abizar, oleh ketua Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAM Riau, Datuk Al-Azhar.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAM Riau Datuk Al-Azhar mengatakan, kita senang Musda ini momen sangat baik dan tepat, karena sekarang di masyarakat melayu banyak terdapat berbagai tantangan.

Kepada pengurus LAM Rohil yang baru saja dikukuhkan malam ini itu bisa menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan orang maupun kebudayaan melayu, dan adat melayu Rohil.

Kami percaya, ada kekompakan semua adat yang ada di Rohil ini, dan Insya Allah LAM Rohil bisa memainkan peran strategisnya untuk pelestarian, menggali, membina, mengembangkan dan mempertahankan budaya melayu ini," ucap Al Azhar.

Tambah Azhar, kita mengharapkan LAMR Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tetap mengedepankan nilai-nilai adat Melayu Riau, yang kini mulai terkikis pada generasi muda saat ini. Kini budaya inilah menjadi persoalan dan sudah seharusnya pengurus LAM untuk terus membangkitkan semangat kepada generasi muda, baik itu adat maupun hasil karsa budaya yang telah disematkan," terangnya.

Wakil Bupati Rohil Erianda SE dalam sambutannya mengatakan, Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Rohil sebagaimana kita ketahui, ia merupakan mitra bagi Pemerintah Daerah.

Tentunya LAM Riau Kabupaten Rohil bekerjasama dan bahu-membahu melaksanakan pembangunan khususnya dalam melestarikan dan mengembangkan berbagai nilai kearifan, kebudayaan dan adat istiadat warisan budaya lokal yang ada di daerah ini.

"Kepada pengurus LAM Rohil yang baru dilantik tunjuk ajarlah adat melayu Riau ini kepada anak-anak sekolah dan pemuda kita, bagaimana adat istiadat melayu ini sebenarnya. Dan juga kepada masyarakat lain, jangan selalu melayu dipersalahkan. Kita ini sama dengan Bhineka Tunggal Ika," kata Wabup.

Pengurus LAM Riau ingin melakukan pawai besar-besaran untuk melayu di Provinsi Riau. Tentunya Pemerintah Daerah Rohil sangat mendukung pengurus LAM Riau ingin melaksanakan pawai tersebut.

Sementara itu Dewan kehormatan LAM Rohil Drs H Surya Arfan juga menyampaikan, Alhamdulillah pada malam hari ini Lembaga Adat Melayu Rohil resmi di lantik oleh Ketua Dewan Harian LAM Riau Datuk Al-Azhar.

Dimana lembaga ada melayu Rohil terdapat ada tiga ketua yakni Ketua Dewan Kehormatan (DK) LAM Riau Kabupaten Rohil Drs H Surya Arfan, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Kabupaten Rohil Marzuki dan Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Rasid Abizar.

Reporter Gege Jun


Loading...
BERITA LAINNYA