5 Langkah Persiapan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Selasa, 29 Maret 2016 - 11:29:35 wib | Dibaca: 14047 kali 
5 Langkah Persiapan Sebelum Memasuki Dunia Kerja
Langkah Persiapan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Persiapan sebelum memasuki dunia kerja tak jarang jadi momok tersendiri bagi para fresh-graduate. Apalagi kalau ini benar-benar jadi kali pertama bagi kamu memasuki dunia kerja. Jangan terlalu kuatir, panduan berikut akan bantu kamu untuk tahu persiapan apa saja yang mesti kamu lakukan sebelum bekerja.

Yu, cek beberapa tips yang akan bermanfaat bagi kamu yang sama sekali belum kenal dengan dunia kerja.

Persiapan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Cari tahu informasi perusahaan
Sebenarnya langkah ini perlu kamu lakukan bahkan jauh sebelum kamu menerima tawaran pekerjaan ataupun lolos seleksi dari satu perusahaan. Ini terkait kenyamanan serta jaminan nantinya saat kamu bekerja di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, sisihkan waktu untuk cari tahu sebanyak-banyaknya informasi mengenai perusahaan yang kamu menerima kamu.

Informasi tersebut bisa berupa kredibilitas serta predikat perusahaan tersebut, bagaimana budaya di sana dan bahkan fasilitas apa saja yang diberikan pada karyawan. Tak lupa pula, tanyakan apakah perusahaan akan mendaftarkan setiap karyawan dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan sebagainya.

Perlengkapan kerja / dokumen
Di hari pertama bekerja, kamu bisa siapkan perlengkapan kerja serta dokumen yang diminta perusahaan. Selain itu, kamu bisa bawa pula buku catatan atau catatan di perangkat pintar milikmu. Biasanya ada poin-poin penting yang mesti diingat oleh mereka yang pertama kali bekerja. Tanyakan ke pihak kantor, apakah karyawan diperbolehkan membawa bekal atau tidak – bagi kamu yang terbiasa membawa bekal.

Persiapan pakaian kerja
Pakaian kerja adalah salah satu persiapan cukup krusial ketika akan bekerja. Sesantai apapun pekerjaan yang akan kamu lakoni, di hari pertama, usahakanlah untuk mengenakan pakaian yang tak begitu mencolok atau terlalu santai. Jadi, kamu bisa siapkan pakaian jauh-jauh hari sebelum hari H. Di pagi hari sebelum berangkat kerja, kamu tak akan dipusingkan lagi untuk memilih pakaian yang cocok. Gara-gara pakaian, kita bisa terlambat datang lho!

Tidur yang cukup sehari sebelum bekerja
Jika selama ini kamu terbiasa bangun siang dan tidur larut malam, sepertinya kamu harus segera belajar untuk tidur cukup dan tepat waktu setiap malam kelak ketika bekerja nanti. Khususnya di hari pertama bekerja di perusahaan baru, terlambat is a big no no!Tidurlah tepat waktu agar tubuh kamu beristirahat cukup dan siap menyongsong esok hari. Pasang alarm di pagi hari agar dapat bangun pagi. Kamu pun dapat bekerja maksimal di kantor.

Jadwalkan ulang semua rencana pertemuan
Kalau kamu telah telanjur berencana dengan seseorang ataukah yang lainnya di beberapa waktu mendatang sebelum diterima bekerja, segera jadwalkan ulang rencana tersebut. Sebagai contoh, janji dengan dokter, janji bertemu dengan teman-teman dan apalagi rencana liburan. Pada umumnya, perusahaan mengharuskan karyawan yang masih dalam masa percobaan untuk masuk bekerja tanpa absen. Atau jika memang janji tersebut tak bisa dibatalkan, kamu dapat menginformasikan perusahaan tersebut sebelum hari pertama bekerja.

Persiapan sebelum memasuki dunia kerja secara matang akan bikin kamu lebih percaya diri serta siap untuk bekerja secara maksimal. Hari pertama sangat menentukan tanggapan atasan terhadap kamu serta menambah semangat diri sendiri pula. Kalau kamu sendiri merasa sukses di hari pertama maka hari-hari berikutnya pun biasanya akan terasa lebih ringan!

Jadi, pastikan semua hal-hal yang dibutuhkan tersebut, mulai dari diri sendiri hingga fasilitas yang kamu butuhkan seperti BPJS asuransi dari perusahaan dan sebagainya –agar lebih semangat terjun ke dunia kerja!

Advertorial



 


Loading...
BERITA LAINNYA