Ditahan Maritim Malaysia, Benarkah Anggota Polda Riau Lakukan Pemerasan?

Senin, 02 Mei 2016 - 07:54:58 wib | Dibaca: 3443 kali 
Ditahan Maritim Malaysia, Benarkah Anggota Polda Riau Lakukan Pemerasan?
ilustrasi APMM

Gagasanriau.com, PEKANBARU - Kepolisian Daerah Riau tengah menyelidiki penyebab anggotanya yang berasal dari Direktorat Polisi Perairan yang saat ini ditahan oleh Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM)
    
Kapolda Riau, Brigjen Pol Supriyanto ditemui wartawan di Pekanbaru, Minggu mengatakan bahwa saat ini anggotanya berinisial Brigadir Rk (29) masih berada di Malaysia bersama dengan tiga warga sipil lainnya.
    
"Masih diperiksa oleh APMM karena tidak membawa akta keimigrasian dan senjata api yang dia bawa saat patroli. Kita sudah koordinasikan dengan perwakilan baik yang di Johor maupun di KL (Kuala Lumpur)," kata Kapolda Riau.
    
Sebelumnya beredar kabar adanya penangkapan empat warga negara Indonesia oleh APMM atau Badan Keamanan Laut-nya Malaysia di Selat Malaka pada Kamis lalu (28/4). Brigjen Pol Supriyanto membenarkan penangkapan anggotanya tersebut.
    
Ia mengatakan dirinya mendapat kabar bahwa jajarannya ditahan petugas Malaysia saat melakukan patroli di wilayah perbatasan Bengkalis.
     
"Kemarin saya dilaporkan Ditpol Air, anggotanya melakukan patroli di wilayah perbatasan Bengkalis untuk mencari apakah ada aktivitas "ilegal fishing atau penyelundupan," ujarnya.
     
Menurutnya, penangkapan itu berawal saat Brigadir Rk diperintahkan oleh  Ditpol Air untuk melakukan patroli dengan Kapal Patroli (KP). Kemudian, lanjutnya, petugas yang awalnya melakukan patroli rutin dengan KP Pol Air 2005 tiba-tiba berganti kapal menggunakan kapal nelayan. Tidak diketahui jelas penyebab dan maksud pergantian kapal itu.
     
Namun yang jelas, petugas melanjutkan patroli dengan menggunakan kapal nelayan bersama tiga warga sipil yang diketahui berinisial Cu, SB, dan Ag itu melintas batas wilayah.
     
Akibatnya mereka ditahan oleh Maritim Malaysia. Penahanan itu sendiri dilakukan setelah Maritim Malaysia menemukan senjata api yang diduga milik Brigadir Rk berikut uang ringgit sebanyak 10.000 Ringgit Malaysia.
    
Beredar kabar bahwa oknum polisi bersama tiga warga sipil itu diamankan atas laporan nelayan Malaysia karena melakukan pemerasan. Terkait hal itu, Kapolda Riau belum dapat memastikannya, dan lebih menunggu hasil pemeriksaan.
     
"Terkait masalah pemerasan, kami tidak bisa memastikan, karena yang memeriksa APMM dan masih diperiksa, termasuk (kepemilikan) 10.000 Ringgi Malaysia," jelasnya seperti dilansir antara.
     
Sementara itu, saat dikonfirmasi maksud pergantian kapal itu, Kapolda belum berani memastikannya. "Mungkin bisa juga masalah penyelidikan. Karena masalah di laut kita tidak tahu bagaimana," ujarnya.
     
Hanya saja, ia memastikan bahwa dalam melakukan operasi tersebut, petugasnya dilengkapi dengan surat tugas.***
 


Loading...
BERITA LAINNYA