Bulog Riau Pastikan Stok Beras Aman Hingga Lebaran

Ahad, 15 Mei 2016 - 10:31:07 wib | Dibaca: 1657 kali 
Bulog Riau Pastikan Stok Beras Aman Hingga Lebaran
Ilustrasi

Gagasanriau.com,PEKANBARU - Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Riau dan Kepulauan Riau memastikan stok beras aman hingga bulan Ramadhan sampai Lebaran tahun ini.

Hal itu dipastikan Kepala Bidang Humas Bulog Riau–Kepri, Hendra Gunafi, Sabtu (14/5/2016). Dia mengatakan stok beras di Riau mencapai 27.000 ton, yaitu cukup untuk penyaluran selama enam bulan ke depan sehingga aman hingga bulan ramadhan sampai lebaran tahun ini.

"Untuk mengantisipasi kenaikan harga beras menjelang Ramadhan, Bulog berupaya mengoptimalkan penyaluran Raskin atau beras sejahtera ke seluruh titik distribusi, sehingga rumah tangga sasaran penerima manfaat atau RTSPM tidak perlu membeli beras komersial di pasaran," jelasnya.

Diakui, pihaknya sedang melakukan operasi pasar di sejumlah lokasi, dengan harga yang ditawarkan di bawah harga pasaran. "Beras premium hanya Rp 9000 per kilogram dengan tingkat broken atau patahan beras 5 persen. Upaya itu diharapkan bisa meredam aksi spekulan beras, terutama jelang musim ramadhan hingga lebaran," tambahnya.

Hendra Gunafi mengatakan jika penyaluran tidak optimal, maka suplai beras bisa berkurang dan berakibat kenaikan harga, karena permintaannya meningkat.

Berdasarkan pantauan, belum ada kenaikan yang signifikan menjelang bulan ramadhan, tiga pekan menjelang ramadhan tahun ini, harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) di pasar tradisonal di Provinsi Riau, khususnya di pasar yang selama ini menjadi pasar sentral sampai saat ini masih dalam kondisi normal.

Seperti dikatakan Dini, salah seorang pedagang bahan dapur di Pasar Pusat Pekanbaru mengatakan harga Kepokmas untuk bahan dapur saat ini stabil. Namun biasanya akan naik jika sudah puasa."Belum ada, tapi kalau sudah puasa, maka akan naik, kalau sekarang belum naik lagi," urainya.

Hal itu juga dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Riau, Muhammad Firduas. Dia mengatakan berdasarkan monitoring harga yang dilakukan setiap pekan, harga bahan Kepokmas seperti beras, minyak goreng, tepung terigu dan bahan lainnya untuk saat ini masih normal.***





Editor: Saut BB

Sumber: RRI


Loading...
BERITA LAINNYA