Dinkes Riau Gelar Pelatihan Skrining Hipotiroid Kongenital di Inhil

Selasa, 17 Mei 2016 - 12:57:40 wib | Dibaca: 2717 kali 
Dinkes Riau Gelar Pelatihan Skrining Hipotiroid Kongenital di Inhil
Pelatihan Skrining Hipotiroid Kongenital di Inhil

GagasanRiau.com TEMBILAHAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pelatihan Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) kepada tenaga Bidang serta diikuti beberapa tenaga kedokteran yang ada di Inhil.

Kegiatan yang diadakan di salah satu hotel di Kota Tembilahan, Senin (16/5) pagi, bertujuan menanggulangi atau mengatasi kelahiran anak berpotensi mengalami gangguan tiroid atau gangguan mental.

"Kegiatan ini dalam rangka mengatasi gangguan pertumbuhan bayi yang berdampak kepada anak sejak lahir serta mengakibatkan bayi kekurangan hormon tiroid, dan mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental anak lamban," ucap Ika Herawati selaku pengelola program SHK dari Dinkes Provinsi Riau, Senin (16/5/2016).

Ternyata, di Provinsi Riau sendiri sudah banyak bayi dalam masa pertumbuhannya mengalami penyakit hipotiroid kongenital ini. Sebab pihak Dinkes Provinsi sudah melakukan pendataan di beberapa Kabupaten.

"Kalau di Inhil sendiri saya belum tau berapa jumlah anak yang mengidap penyakit hipotiroid kongenital ini. Akan tetapi kita akan melakukan penanggulangan secara preventif kepada kelahiran bayi," ucapnya.

Disebutkannya lagi bahwa penyakit ini memang jarang sekali menimpa bayi yang baru lahir, dari 3000 anak, paling-paling hanya satu anak saja yang terkena penyakit ini.

"Maka dari itu untuk semua bayi yang baru lahir disarankan untuk melakukan Skrining Hipotiroid Kongenital, karena jika terlambat terdeteksi akan berakibat sangat fatal. Gejala Hipotiroid tidak mudah dikenali, apalagi diobati. maka, untuk bayi baru lahir agar segera melakukan SHK, agar tidak berakibat fatal," tutupnya.***




Reporter: Daud M Nur
 


Loading...
BERITA LAINNYA